ASDP Tanah Bumbu Siapkan 6 Feri Mudik Lebaran

image

ilustrasi

BATULICIN –  Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan enam kapal feri untuk melayani penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2016.

“Enam unit kapal yang disiapkan melayani penumpang untuk pelayaran Batulicin-Tanjung Serdang pergi pulang (pp), yakni KM Teluk Cindrawsih, KMP Gutila, KMP Truno Joyo, KMP Mahakam, KMP Srikandi dan KMP Musi,” kata Kepala Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Daniel melalui Manajer Usaha Marsadik, di Batulicin.
Ia mengatakan masing-masing kapal feri memiliki kapasitas penumpang, kendaraan roda dua, dan roda empat yang bervariasi, yakni rata-rata 300-350 penumpang.

Menurut dia, arus mudik H-7 menjelang Hari Raya Idul Fitri belum terlihat terjadinya peningkatan jumlah penumpang, dan diprediksi akan terjadi pada H-1 Idul Fitri atau setelah shalat Id.

Dijelaskan peningkatan jumlah penumpang terjadi pada Lebaran karena banyaknya masyarakat Kotabaru yang berkunjung ke Tanah Bumbu atau sebaliknya untuk bersilaturahim ke tempat keluarganya untuk berlebaran.

Jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua rata-rata perharinya saat ini mencapai 500-600 kendaraan.

Berbeda dengan jumlah penumpang biasa atau pas orang, dalam satu hari dari kedua pelabuhan tersebut mencapai 2.000 sampai 2.500 orang.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya masih mengoperasikan empat kapal dari enam kapal yang disiagakan dengan perbandingan empat dua, yakni empat kapal beroperasi, dua kapal berjaga-jaga, dan bila nanti ada lonjakan penumpang maka semua kapal akan dioperasikan.

Diketahui kapal yang beroperasi dari pihak swasta yakni, KMP Trunojoyo, KMP Mahakam, Jembatan Musi, dan KMP Srikandi, sedangkan kapal milih ASDP sendiri ada dua yakni KMP Gutila dan KMP Cendrawasih.(Ant)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *