Ajang Festival Mahakam masuk “Top 100 Event Wonderful Event Indonesia”

Ilustrasi

SAMARINDA – Ajang Festival Mahakam di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, masuk dalam jajaran “Top 100 Event Wonderful Event Indonesia” berdasarkan penilaian dari tim kurator Kementerian Pariwisata.

“Alhamdullilah, setelah memasuki penyelenggaraan 17 tahun beruntun, akhirnya Festival Mahakam masuk 100 Top Event di Indonesia untuk Kaltim bersama dengan Festival Erau di Tenggarong, Kutai Kartangara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisal kepada wartawan di Samarinda, Jumat, kemarin.

Faisal menjelaskan, pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Pariwisata III di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata akhir Oktober 2017, tim Kurator yang terdiri dari Taufik Rahzen, Dynand Fariz dan M Noer Sardono telah mengurasi beberapa ajang pariwisata di Indonesia.

“Kami berdua dari Kaltim (Samarinda dan Tenggarong) langsung mempresentasikan masing-masing agenda, kemudian tim kurator yang telah mempunyai data awal langsung memberikan tanggapannya,” ujarnya.

Ke depan, tambah Faisal, Kementerian Pariwisata akan mempromosikan 100 agenda pariwisata itu dalam bentuk kalender kegiatan untuk memudahkan para wisatawan mendapatkan kepastian informasi kapan dan di mana ada agenda bagus di wilayah Indonesia selama setahun ke depan.

“Bahkan, Kementerian Pariwisata sudah menjanjikan dukungan dan bantuannya untuk 100 event yang telah ditetapkan itu di tahun 2018, tetapi tentu saja harus diimbangi dengan kebersamaan komitmen daerah untuk bersama-sama membesarkan kegiatan tersebut,” imbuhnya.

Melihat hasil dan apresiasi masyarakat terhadap penyelenggaraan Festival Mahakam yang berlangsung pada 3-5 November 2017, Faisal sangat optimistis untuk melangkah dan membesarkan lagi agenda tahunan di Kota Samarinda tersebut.

Festival Mahakam tahun ini dimeriahkan berbagai ragam acara seni, budaya dan perlombaan yang dipusatkan di kawasan tepian Sungai Mahakam, seperti parade hudoq, festival musik sampe, parade band indie, lomba tari kreasi pedalaman, festival kuliner, kirab drum band, dan pemecahan rekor MURI menghias kue dengan jumlah peserta anak-anak terbanyak mencapai 1.596 orang.

Sementara untuk tahun depan, Dispar Kota Samarinda menjadwalkan Festival Mahakam akan digelar pada 2-4 November 2018 dengan rangkaian acara yang lebih meriah dan menarik.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *