Alokasikan Rp8,9 Miliar, Guna Percepatan Pembangunan

Warga menyambut Bupati Barito Utara Nadalsyah dan rombongan saat melakukan safari ramadhan di Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Selatan, Selasa.(Ist)

BARITO UTARA – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengalokasikan dana pembangunan di Kecamatan Teweh Selatan pada tahun anggaran 2017 mencapai Rp8,9 miliar.

“Dana tersebut untuk kegiatan percepatan pembangunan menyangkut berbagai aspek kehidupan di Kecamatan Teweh Selatan,” kata Bupati Barito Utara Nadalsyah saat Safari Ramadhan dengan buka puasa bersama warga di Masjid Al-Istiqamal Desa Bukit Sawit, Kecamatan Teweh Selatan, Rabu.

Menurut Nadalsyah, secara khusus untuk Kecamatan Teweh Selatan pada tahun ini ada beberapa paket bidang pekerjaan, antara lain, bidang pekerjaan umum sebesar Rp6,4 miliar salah satunya adalah untuk peningkatan jalan dan rehabilitasi irigasi.

Kemudian di sektor pendidikan dialokasikan Rp1,6 miliar diantaranya pembangunan ruang kelas, laboratorium, kelengkapan lainnya untuk sekolah baik SD maupun SMP dan kegiatan rehabilitasi rumah guru serta kelengkapan mubiler beberapa sekolah Taman Kanak-Kanak.

“Untuk kesehatan yaitu pengadaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan melalui dana alokasi khusus (DAK) Rp815,1 juta,” kata Nadalsyah.

Sedangkan untuk bidang keagamaan, Pemkab Barito Utara mengalokasikan dana hibah untuk kegiatan keagamaan, baik untuk pembangunan rumah ibadah, pembinaan umat beragama, maupun kegiatan keagamaan lainnya. Pada tahun 2017, kata dia, disediakan dana sebesar Rp510 juta.

Pada kesempatan itu Bupati Nadalsyah juga meminta kepada kepala desa setempat agar dana desa (DD) yang ada dapat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat desa, terlebih masyarakat meminta agar jalan-jalan yang ada dapat diperkeras lagi sehingga akses warga dapat lancar.

“Sedangkan infrastruktur yang masuk kawasan hak guna usaha (HGU) perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Antang Ganda Utama menjadi tanggung jawab perusahaan. Pemkab Barito Utara hanya bisa memfasilitasi agar infrastruktur itu dapat segera ditangani,” kata Nadalsyah.

Ia mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menjaga kerukunan hidup umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, baik antarsesama maupun dengan pemeluk agama lainnya.

“Mari kita bersatu membangun Barito Utara yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera dalam mendukung tercapainya program Kalteng Berkah,” ujar Nadalsyah.

Safari Ramadan hari kedua ini juga dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara Acep Tion, Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara Jainal Abidin dan pejabat lainnya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *