Anak Usia Dini Harus Cukup Gizi

cor gizi

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH membagikan MP-ASI kepada Balita disela-sela kunjungan lapangannya ke daerah-daerah di Kalbar beberapa waktu lalu.(HC)

PONTIANAK – Pengurangan Stanting  adalah salah satu agenda  pembangunan utama  Pemerintah RI  yang merujuk  Perpres No.42 Tahun 2013 tentang Gerakan  Nasional Percepatan Gizi serta RPJMN Tahun 2015-2019. Dimana prevalensi  stanting adalah salah satu target  pembangunan kesehatan Nasional.

Hal tersebut disampaikan Bonaria Siahanan, Direktur Millennium  Challenge (MCA) Acccount-Indonesia saat beraudienasi diruang Praja I Kantor Gubernur Kalbar, yang diterima Ketua Tim Penggerek  PKK Kalbar Ny Frederika Cornelis S.Pd, Senin ( 22/8).

Provinsi Kalimantan Barat memberikan Apresiasi kepada (MCA-Indonesia), dimana lembaga ini akan mereaslisasikan Program dengan  terpilihnya 9 kabupaten di Wilayah Kalimantan Barat untuk melaksanakan Program Proyek Kesehatan dan Gizi berbasis Masyarakat  untuk mengurangi Stanting.

Terpilih Kalimantan Barat dalam Program ini  sesuai dengan program Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat, demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny Frederika Cornelis SPd.

Lanjut Frederika, seperti diketahui kekurangan Gizi pada usia  dini akan meningkatkan angka kematian bayi anak, menyebabkan mudah infeksi dan sakit, dan postur  tubuh tidak maksimal saat dewasa, pada saat yang bersamaan, kemampuan kognitif anak berkurang, semua hal  ini akan berdampak  pada  kerugian ekonomi   jangka panjang  bagi perorangan dan masyarakat Indonesia pada umumnya, kehidupan anak sangat penting untuk mencegah dampak negatif jangka panjang  dari anak pendek akibat kekurangan gizi.

Sementara itu Bonaria mengungkapkan, lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah RI dan Pemerintah Amerika Serikat, untuk mengelola bantuan  pembangunan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui Millenium Challenge Corporation (MCC), salah satu proyek yang didukung adalah Proyek Kesehatan dan Gizi berbasis Masyarakat untuk mengurangi Stanting (PKGBM). Yang diselenggarakan diantaranya 9 Kabupaten  di Kalimantan Barat.

Lanjut Bonaria,  salah satu kegiatan  PKGBM adalah Kampanye Gizi Nasional  (KGN), yang diluncurkan  secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Desember 2015, dan Bulan Agustus adalah bulan ASI Sedunia, Indonesia memperingatinya dengan mengusung tema Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun  lebih hemat, Anak Sehat  dan Cerdas dalam rangka  mewujudkan Keluarga Sejahtera

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *