Archives

This is archives page of BeritaKalimantan.com . Currently the archives consist of 7 posts, 7 pages and 98 comments, with a total of 59 categories and 20 tags.

Monthly Archives

Categories

Dokumen Peristiwa 1965 Dibuka, Ryamizard Akan Temui Menhan AS

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu akan menemui Menhan Amerika Serikat (AS) James Mattis terkait keterlibatan TNI AD dalam peristiwa 1965.

Isu itu mencuat setelah munculnya dokumen National Security Archive (NSA), National Declassification Center (NDC), dan National Archives and Records Administration (NARA), yang menyebut ada upaya yang diduga TNI AD untuk menghancurkan Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Nanti saya akan temui Menhan AS tanggal 25 di Filipina, akan saya tanya ini,” kata Ryamizard Ryacudu usai rapat dengan Komisi I di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2017).

Ryamizard pun akan memanfaatkan waktu selama satu jam untuk menanyakan kepada Menhan AS terkait detail informasi mengenai TNI AD yang diduga ingin menghancurkan PKI.

“Cukup lama kan pertemuan satu jam, nah saya tanya ini,” sambungnya.

‎Sebelumnya, 36 dokumen rahasia diplomatik Amerika kembali dibuka untuk publik. Dokumen itu berisi tentang tragedi pembantaian orang-orang yang dituduh berhubungan dengan PKI.‎

36 dokumen dibuka oleh National Security Archive (NSA), National Declassification Center (NDC), dan National Archives and Records Administration (NARA). Dokumen ini setebal 30 ribu halaman. Dokumen itu berisi berbagai macam catatan Kedutaan Besar AS di Jakarta.(Sindonews)

Ini Kata Setnov Tentang Revitalisasi Ideologi Pancasila

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto membuka seminar bertajuk Revitalisasi Ideologi Pancasila sebagai Landasan Perjuangan Partai Golkar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Seminar yang digelar Fraksi Golkar MPR itu membahas tentang bagaimana generasi milenial menjiwai Pancasila sebagai ideologi negara.

Saat membuka seminar, Novanto mengatakan, generasi milenial harus menjiwai ideologi Pancasila. Karena itu, Novanto mengusulkan DPR menyusun rancangan Undang Undang tentang Pembinaan Pancasila, sebagai dasar hukum yang mewajibkan negara menjiwai Pancasila dalam setiap Undang Undang.

“Sosialisasi Pancasila nantinya diterapkan dalam formal maupun informal dalam program yang lebih terserah, terukur, dan programatis,” kata Ketua DPR itu.

Wacana pembentukan RUU Pembinaan Pancasila itu diusulkan Novanto agar berjalan seiring dengan Perppu Ormas yang masih digodok di DPR.

Novanto menegaskan kelahiran Golkar untuk membekas dan menjadi benteng ideologi Pancasila. Novanto menginstruksikan kader partainya di DPR untuk mendukung Perppu Ormas sebagai upaya menjaga Pancasila.

“Ini sebagai langkah preventif menjaga Pancasila dari ancaman organisasi yang merongrong kedaulatan NKRI,” kata Novanto.(Sindonews)

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya 6 ribu ton per bulan.

Menurut Aftahuddin di Banjarmasin Rabu, penurunan kebutuhan yang mencapai 50 persen tersebut disebabkan oleh banyak faktor, antara lain turunnya daya beli masyarakat juga perkembangan teknologi pertanian.

“Kalau dulu para petani mengelola sawahnya untuk tanam dengan mencangkul, sehingga memerlukan sumber daya manusia yang banyak, kini memakai traktor, sehingga cukup menggunakan tenaga satu dua orang sudah selesai,” katanya.

Sehingga tambah dia, pemilik sawah yang sebelumnya harus menyiapkan minum teh atau kopi untuk banyak orang, kini dipangkas hanya untuk beberapa orang dengan waktu yang singkat.

Kebutuhan gula untuk pertanian tersebut, tambah Aftahuddin, menjadi salah satu kebutuhan dasar, karena gula berfungsi untuk menambah kekuatan petani.

“Biasanya petani kalau tidak minum yang ada manisnya, akan lemah, sehingga berat untuk mencangkul,” katanya.

Selain itu, tambah dia, kebutuhan gula dari masyarakat sektor perkebunan seperti karet juga berkurang, karena harga karet turun, membuat minat masyarakat untuk ke kebun juga berkurang.

Berkurangnya aktivitas masyarakat untuk ke kebun, secara langsung juga mengurangi kebutuhan untuk minum manis.

Saat ini, tambah dia, stok gula didistributor tersisa 4 ribu ton, sehingga masih relatif cukup aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, hingga dilaksanakannya program distribusi gula oleh Bulog.

Warga Kalsel dikenal sebagai masyarakat penyuka manis, sehingga sebagian besar makanan khas daerah ini tidak lepas dari campuran gula pasir.

Sebelumnya disampaikan, konsumsi rata-rata gula pasir secara nasional hanya 0,3 kilogram per orang per bulan, tetapi rata-rata konsumsi gula warga Kalsel mencapai 1,3 kilogram per orang per bulan.

Berdasarkan data riset kesehatan dasar, beberapa penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian di Kalsel yaitu, diabetes melitus 2 persen dari jumlah penduduk, kemudian hipertensi mencapai 30,8 persen, stroke 9,2 persen, kanker 1,6 persen, dan jantung koroner 0,5 persen.(Ant)

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis.

Peringatan hari pangan sedunia tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan tersebut.

Menteri Pertanian dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan saat ini masyarakat Indonesia patut bangga bahwa dalam hal pangan sudah mandiri dan tidak lagi impor.

“Kita saat ini sudah mampu memberi makan masyarakat kita sendiri. Hal itu menunjukkan kepada dunia bahwa kita sudah mandiri. Sekarang tidak ada lagi impor beras, jagung, dan cabai serta sebagainya,” kata dia.

Ia memaparkan juga bahwa melalui komitmen penuh Presiden RI Joko Widodo sejumlah persoalan pangan satu per satu dapat di atasi.

“Pak Presiden terus mendukung dan membuat terobosan dalam hal ketahanan pangan. Kami selaku menteri dipaksa presiden untuk swasembada,” kata dia.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalbar Cristiandy Sanjaya mengaku bangga dan bersyukur telah ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi penyelenggara peringatan hari pangan sedunia.

“Kami bahagia jadi tuan rumah. Kehadiran kegiatan ini tentu memeberikan kontribusi yang besar terhadap Kalbar,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa Kalbar saat ini sudah swasembada beras dan bahkan di Sanggau akan mulai ekspor beras ke negara tetangga.

“Sanggau saat ini sudah menjadi lumbung ekspor beras di kawasan perbatasan. Itu akan menjadi model pengembangan swasembada beras di perbatasan di Indonesia,” kata dia.(Ant(

Mari Sukseskan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK)

KAPUAS HULU – Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Arief mengajak semua pihak menyukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK), 25-28 Oktober 2017 di Kapuas Hulu.

“Untuk persiapan sudah 90 persen dan sudah beberapa kali dilakukan rapat koordinasi dengan semua pihak terkait,” kata Arief di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (19/10).

Hingga saat ini belum ada perubahan jadwal pelaksanaan FDSBK yang di pusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu mulai 25 – 28 Oktober mendatang.

Dikatakan ada beberapa persiapan yang memang hingga saat ini sedang dilakukan terutama untuk toilet umum, baik disekitar lokasi kegiatan maupun di sekitar kawasan danau sentarum.

Dirinya berharap semua pihak dapat mendukung dan mensukseskan FDSBK, terutama untuk masyarakat setempat.

“Kepada masyarakat kita minta agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung, apalagi Kapuas Hulu dikenal sebagai masyarakat yang memiliki rasa kekeluargaan,” jelas Arief.

Terkait target pengunjung pada festival tersebut, kata Arief ditargetkan sekitar 10.000 orang, baik pengunjung lokal maupun dari mancanegara.

“Tujuan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun itu agar masyarakat luas tahu potensi wisata di Kapuas Hulu, sehingga lebih mengutamakan promosi wisata dan kearifan lokalnya,” kata dia.

Selain itu, Arief juga mengatakan pelaksanaan FDSBK itu juga melibatkan masyarakat disekitar kawasan Danau Sentarum dengan tujuan agar masyarakat memperoleh dampak peningkatan ekonomi seperti berjualan dan menyiapkan rumah penginapan serta menjual produk lokal.

“Muaranya yaitu untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga dalam FDSBK itu bukan untuk bermabuk – mabukan dengan minuman, namun manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelas Arief.

Apalagi kata Arief, untuk memeriahkan FDSBK itu akan dihibur oleh artis ibu kota yaitu Zaskia Gotik dan beberapa artis lainnya, bahkan FDSBK juga mengundang negara tetangga.(Ant)