AS dan Turki Saling Tangguhkan Layanan Visa

Ibu Kota Turki.(Ist)

ANKARA — Amerika Serikat (AS) dan Turki telah saling menangguhkan semua layanan visa non-imigran. Langkah ini dilakukan kedua negara tersebut setelah terjadi insiden penangkapan karyawan konsulat AS di Istanbul pekan lalu.

Dengan beberapa pengecualian, langkah ini secara efektif menghalangi warga Turki untuk melakukan perjalanan ke AS, dan sebaliknya, tanpa batas waktu. AS mengatakan pihaknya sangat terganggu oleh penangkapan karyawan mereka, yang dituduh memiliki hubungan dengan ulama Fethullah Gulen yang berbasis di Pennsylvania.

Turki telah beberapa kali meminta AS untuk mengekstradisi Gulen. Gulen dipersalahkan atas kudeta yang gagal terhadap pemerintah Turki tahun lalu, meskipun Gulen sendiri membantah terlibat dalam kudeta tersebut.

“Peristiwa terakhir itu telah memaksa pemerintah Amerika Serikat untuk menilai kembali komitmen pemerintah Turki terhadap keamanan misi dan personil AS,” ujar misi AS yang berada di Ankara, dalam sebuah pernyataan, dikutip CNN.

Hanya 24 jam setelah pengumuman penangguhan layanan visa oleh AS, Turki membalas melalui kedutaan besarnya di Washington. Turki mengeluarkan sebuah pernyataan yang sama seperti yang telah dikeluarkan oleh AS mengenai penangguhan layanan visa non-imigran.

Kedutaan Turki mengatakan, langkah yang akan segera efektif itu, akan berlaku untuk visa paspor, e-visa, dan visa yang diperoleh di perbatasan. Sementara, AS tidak akan mengeluarkan visa warga Turki yang hendak mengunjungi AS kecuali jika mereka berencana untuk pindak ke sana.(Rep)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017....
Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

SANGGAU – Sejak beberapa pekan terakhir, elpiji tiga kilogram di Kabupaten Sanggau warga mengeluh kesulitan mencari sehingga berdampak terhadap naiknya harga elpiji subsidi tersebut....
Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

SINGKAWANG – Warga Kota Singkawang mempertanyakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Singkawang tahun 2018 hingga saat ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *