Atasi Kabut Asap, Empat Kabupaten di Kalbar Jadi Perhatian

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menyematkan pita dalam rangka apel pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kalbar, di halaman Mapolda kalbar pada jumat (4/8).(Team BK.com)

PONTIANAK – Polda kalbar menggelar apel pasukan operasi bina karuna kapuas 2017, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kalbar, di halaman Mapolda kalbar pada jumat (4/8). Apel pasukan operasi bina karuna kapuas 2017 ini juga serentak dilakukan di seluruh Polres yang ada di Kalbar.

Gelar pasukan yang dipimpin oleh Gubernur Kalbar Cornelis ini mengungkapkan, bahwa titik api di kalbar mulai berkurang sejak tiga tahun terakhir dari tahun 2013 sebanyak 3219 titik api, tahun 2014 sebanyak 5277 titik api tahun 2015 sebanyak 2724 titik api, dan tahun 2016 ada 1565 titik api. Sedangkan untuk tahun 2017 berdasarkan data sementara dari lapan untuk saat ini ada 200 an titik api.

Lanjut Cornelis Kebakaran hutan dan lahan ini sudah menjadi perhatian khusus di luar negeri, karena kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan menganggu perekonomian dan pencemaran udara di luar negeri.

“Saat ini titik api terbanyak ada di empat kabupaten di Kalbar. Untuk mengatasinya
Pemerintah sudah menyiapkan 5 Helikopter untuk menangani kebakaran hutan di Kalbar.” ungkap Cornelis usai apel.

Adapun empat kabupaten yang terbanyak titik api yaitu, Kabupaten kubu raya, Kabupaten ketapang, Kabupaten kapuas hulu dan Kabupaten sintang.

Sementara itu kapolda kalbar Irjen Pol. Erwin Triwanto mengatakan, polda kalbar telah mengamankan satu pelaku yang membakar hutan di kabupaten kubu raya di kawasan lahan milik masyarakat dan hingga kini penyelidikan terhadap pelaku pembakaran hutan.

“Saya sudah memerintahkan seluruh jajaran di polda kalbar untuk upaya penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan baik itu warga maupun korporasi, jika ditemukan pembakaran dan akan tindak tegas. Supaya memberi efek jera terhadap masyarakat kalbar”, tegasnya.

Lanjut Erwin, Kabupaten kubu raya akan menjadi prioritas utama penanganan kebakaran hutan dan lahan, karena titik kebakarannya cukup banyak.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *