Baguna Bantu Korban Banjir Kapuas Hulu

Kepala Baguna DPD PDI Perjuangan Kalbar Angeline Fremalco dan Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar Fransiskus Diaan menyerahkan bantuan untuk korban banjir Kapuas Hulu, Selasa (3/10) kemarin.(Team BK.com)
KAPUAS HULU – Setelah Bakti Sosial di Desa Datah Diaan, Empat Desa di alur Sungai Manday, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (2/10) kemarin, juga dibantu Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat.
Pada kesempatan itu Hadir juga Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan, serta rombongan DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu, untuk memberikan bantuan beras sebanyak 8 ton lebih. Selain itu Baguna juga membawa tenaga medis serta obat-obatan untuk pelayanan kesehatan gratis bagi para korban banjir.
Menurut Kepala Banguna PDI Perjuangan, Angeline Fremalco, pihaknya datang ke Kapuas Hulu untuk membantu masyarakat yang terkena banjir. Angeline menegaskan partainya bukan hanya datang saat ada pemilu saja. “Kami datang kesini murni untuk bantu masyarakat, ini kepedulian partai. Kami partai yang ingin hadir ditengah masyarakat, terutama saat ada musibah. Kami bukan partai yang hanya datang saat kampanye saja,” ujar Angeline.
Dijelaskan Angeline, di PDI Perjuangan, ada bagian khusus yang menangani bencana dan masalah kemanusiaan.
Bantuan 8 ton beras disalurkan bagi korban banjir di DAS Manday. Bantuan diturunkan di desa Tapang Daan, ini untuk masyarakat dusun Sungai Umbin dan Nanga Saray. “Penyaluran di Tapang Daan sekaligus untuk desa Nanga Lebangan, khususnya masyarakat di dusun Nanga Lebangan dan Lebangan Dalam,” kata Istri Fransiskus Diaan itu.
Dalam perjalanannya, bantuan beras diturunkan juga di Desa Nanga Raon untuk masyarakat dusun Tilung dengan Nanga Arong sekaligus mencakup Desa Rantau Bumbun.
Selain itu bagi korban di Nanga Raun, Angeline menuturkan, pihaknya mengadakan pengobatan gratis. “Meski untuk menyalurkan bantuan dan pengobatan ini mendannya cukup sulit. Tapi karena jauh dari rumah sakit, kami harus datang,” tegasnya.
Ageline berpesan kepada masyarakat Kapuas Hulu, agar menjaga lingkungan dan daya tahan tubuh agar terhindar dari wabah DBD. Kemudian terus bekerjasama membangun desa, sebab ladang, lahan pertanian serta ternak banyak rusak dan mati karena banjir. “Ini butuh kerja keras bersama,” tutupnya.
Sementara iru, Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat, Fansiskus Diaan, prihatin dengan bencana yang menimpa masyarakat Kapuas Hulu, terutama banjir di empat desa sekitar daerah aliran sungai Manday dan desa Datah Diaan yang terkena wabah DBD.
“Kami turut merasakan musibah saudara-saudara disini (Kapuas Hulu). Begitu dengar ada bencana DBD dan Banjir, saya ajak kerabat di Pontianak dan dari Partai untuk bantuan ke masyarakat yang terdampak banjir dan DBD,” ujarnya.
Fransiskus mengatakan, dirinya membawa Baguna PDI Perjuangan Kalbar untuk menyalurkan bantuan 8 ton lebih beras, serta membawa tim medis untuk melakukan pengobatan gratis. “Walau kena bencana banjir dan DBD, masyarakat harus tetap semangat. Saya tahu banyak kerugian, namun hidup harus berlanjut dan masyarakat harus terus semangat bekerjasama memperbaiki lingkungan yang rusak,” pungkasnya.
Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *