Baguna Kalbar Bantu Korban DBD Datah Diaan Kapuas Hulu

Kepala Baguna DPD PDI Perjuangan Kalbar Angeline Fremalco membagikan vitamin kepada anak-anak ketika bakti sosial di Desa Datah Diaan Kecamatan Putussibau Utara Kapuas Hulu, Minggu (1/10) kemarin.(Team BK com)

KAPUAS HULU – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalbar kembali turun ke lapangan untuk bakti sosial, setelah dari Ketapang, Landak dan Sintang. Kali ini giliran Kapuas Hulu tepatnya di Desa Datah Diaan Kecamatan Putussibau Utara, Minggu (1/10) kemarin.

Menurut Kepala Baguna Provinsi Kalbar Angeline Fremalco, pihaknya membantu masyarakat di Datah Diaan dalam pemulihan pasca demam berdarah dengue (DBD).

“Kami berharap dengan adanya bakti sosial ini dapat membantu masyarakat, terutama untuk masa-masa pemulihan yang kemarin terkena DBD, kami juga memberikan vitamin dan obat cacing untuk anak-anak.” ujar Angeline.

Selain bantuan, Baguna juga mengadakan pengobatan gratis, memberikan abate dan kelambu anti nyamuk.

Disamping itu, Angeline menyarankan masyarakat Datah Diaan agar membersihkan air yang tergenang, yang dapat menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk Aedes, harus dilakukan seminggu sekali dan konsisten.

Selain itu juga kata Ibu tiga anak itu agar sesuai anjuran pemerintah yakni dengan gerakan 3M, Menguras tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, dan tempat minum burung, seminggu sekali. Kemudian Menutup rapat semua tempat penampungan air, seperti ember, gentong, dan drum. Selain itu pula mengubur semua barang bekas di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan. Selain mengubur, dapat juga dilakukan daur ulang.

“Membunuh jentik nyamuk demam berdarah di tempat air yang sulit dikuras atau sulit air dengan menaburkan bubuk temephos (abate) atau altosid 2-3 bulan sekali dengan takaran 1 gram abate untuk 10 liter air atau 2,5 gram altosid untuk 100 liter air.” Ujar Angeline.

Istri Fransiskus Diaan itu juga berharap setiap rukun tetangga, khususnya yang berpotensi terjangkit demam berdarah, peduli pada demam berdarah.

Selain memberikan bantuan korban bencana demam berdarah dan banjir di dua Kecamatan yakni Putussibau Utara dan Kecamatan Kalis. Baguna juga menyerahkan sumbangan beras di empat desa, yakni Nanga Lebangan, Tapaang Daan, Nanga Raon, Rantau Bumbun.

Sementara itu Eduardus Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu Desa Datah Diaan menyebutkan
Data korban DBD desa Datah Diaan
Padua Mendalam, dari 31 penderita 2 orang dewasa dan sisanya anak-anak.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *