Bupati Tindak Lanjut Laporan Penggundulan Hutan Pangi di Paloh

Hutan di Bukit Pangi, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar dikabarkan rusak parah akibat aktivitas penambangan liar.(Ist)

SAMBAS – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan dirinya sudah mendapat laporan terkait penggundulan Gunung Pangi di Paloh dan akan segera menindaklanjuti laporan tersebut.

“Pemda Sambas akan segera mengambil tindakan dan tentu saja ini akan kita kaji terlebih dahulu dengan seksama,” ujarnya saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Sementara itu, tokoh pemuda setempat, Apriandi Muda menjelaskan pengrusakan hutan dikhawatirkan akan berdampak pada ketersediaan air bersih bagi masyarakat setempat. Sehingga ia meminta agar pemerintah bergerak cepat mengatasi persoalan yang ada supaya tidak terjadi konflik.

“Yang terpenting sekarang adalah menghentikan operasi perusahaan yang melakukan aktivitas di wilayah tersebut. Jangan sampai masyarakat menjadi kalap dan tidak bisa menahan diri,” jelasnya.

Ia juga mendorong agar langkah administratif juga mesti dilakukan terhadap perusahaan yang beroperasi.

“Kita minta pengecekan apakah perusahaan memiliki izin atau tidak. Jika memang tidak memiliki izin maka harus ditindak secara hukum. Berikan sanksi sesuai pelanggaran apa saja yang dilakukan,”harapnya.

Gunung Pangi terletak di tiga wilayah Dusun Camar Bulan, Dusun Desa Temajuk dan Dusun Maludin serta Dusun Sempadan, Desa Temajok Kecamtan Paloh, Kabupaten Sambas. Gunung Pangi merupakan sumber air bersih yang selama ini menjadi andalan masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *