Calon Bupati Landak Usulkan Bangun Mikrohidro di Tenguwe

Calon Bupati Landak, Karolin.(Ist)

LANDAK – Calon Bupati Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasha mengusulkan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Desa Tenguwe mengingat sampai saat ini desa tersebut belum teraliri listrik.

“Di desa itu tersedia sumber air untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, jadi saya sarankan agar masyarakat bisa mengusulkan pembangunannya kepada pemkab setempat,” kata Karolin di Ngabang, Senin.

Dia menuturkan, informasi itu dia dapat saat menggelar kampanye simpatik dan pengobatan gratis di Desa Tenguwe, Kecamatan Air Besar, Minggu (26/11).

Pada kesempatan itu ia juga meminta kepada anggota DPRD Landak dari Fraksi PDI Perjuangan yang ikut dalam rombongan kampanyenya untuk menggiring usulan masyarakat itu.

Menurutnya, jika pembangunan pembangkit listrik mikrohidro bisa dibangun di desa tersebut maka pemerintah desa itu tinggal membentuk badan usaha milik desa (Bumdes) untuk mengelolanya.

“Untuk pengelolaannya pemerintah desa bisa memberdayakan para pengangguran terdidik sehingga bisa bersama-sama pemerintah desa membangun desa itu. Saya rasa ini bisa direalisasikan, mungkin bisa dilakukan secara bertahap menyesuaikan anggaran daerah,” tuturnya.

Karolin berkomitmen apabila dirinya bersama calon wakil bupati Landak Herculanus Heriadi diberikan kepercayaan untuk memimpin Landak akan memperjuangkan pembangunan pembangkit listrik mikrohidro tersebut.

“Saya sudah datang dan melihat langsung bagaimana kesulitan masyarakat. Jadi, saya rasa ini memang patut untuk diperjuangkan,” katanya dikutip dari Antara.

Sesuai penuturan Kepala Desa Tenguwe Edi Kurniawan, untuk penerangan saat ini menggunakan genset yang operasionalnya cukup mahal.

Untuk menyalakan listrik selama enam jam, dimulai dari pukul 18.00 sampai 02.00, satu rumah rata-rata menghabiskan 5 liter solar. Dengan harga Rp10 ribu per liter maka dalam satu bulan anggaran yang dikeluarkan untuk belanja solar sebesar Rp1,5 juta.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *