Cina Disebut Bunuh Puluhan Sumber CIA

Ilustrasi

WASHINGTON – Cina membunuh atau memenjarakan 18 sampai 20 sumber CIA dari tahun 2010 sampai 2012. Hal ini disampaikan oleh New York Times, Sabtu, (20/5).

Para penyidik masih terbagi pendapatnya, apakah ada mata-mata di dalam Central Intelligence Agency (CIA) yang mengkhianati sumbernya atau apakah Cina telah meretas sistem komunikasi rahasia CIA. New York Times mengutip pernyataan pejabat AS dan mantan pejabat AS.

Cina membunuh setidaknya puluhan orang yang memberikan informasi kepada CIA dari tahun 2010 sampai 2012. Ini membongkar jaringan yang dibuat bertahun-tahun lamanya.

Tiga pejabat AS mengatakan, satu sumber ditembak dan tewas di depan sebuah gedung pemerintah di Cina. Ini sebenarnya dirancang sebagai pesan kepada sumber lain akibat bekerja dengan Washington.

Pihak lainnya berpikir bahwa hal itu akibat dari kerja mata-mata yang ceroboh, termasuk melakukan perjalanan dengan rute yang sama ke titik pertemuan yang sama atau bertemu dengan sumber di restoran tempat orang Cina menanam perangkat untuk menguping.

Serangan Cina mulai muncul pada tahun 2010, ketika agen mata-mata Amerika mendapatkan informasi berkualitas tinggi tentang pemerintah Cina dari sumber-sumber yang ada di dalam birokrasi, termasuk orang-orang Cina yang terganggu oleh korupsi pemerintah Beijing. Informasi tersebut mulai mengering pada akhir tahun dan sumber mulai menghilang pada awal tahun 2011.

Dengan semakin banyak sumber yang dibunuh Cina, FBI dan CIA memulai melakukan penyelidikan bersama mengenai pelanggaran tersebut. Mereka memeriksa semua operasi yang dijalankan di Beijing dan setiap pegawai Kedutaan Besar AS di sana.

Investigasi tersebut pada akhirnya berpusat pada seorang mantan agen CIA yang bekerja di sebuah divisi yang mengawasi Cina. Namun tidak ada cukup bukti untuk menangkapnya. Beberapa penyidik percaya bahwa orang-orang Cina telah meretas sistem komunikasi rahasia CIA.(Rep)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *