Cornelis Harapkan Sepeda Kalbar Tunjukan Prestasi

Peserta Tour de Khatulistiwa memasuki garis finiesh.(Ist)

Tour de Khatulistiwa

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, menginginkan anak muda di Kalbar menyukai olahraga bersepeda. Diharapkan kdi masa akan datang ada atlet yang bisa menujukan prestasi, bersaing sampai tingkat Internasional.

Cornelis juga mengkampanyekan keuntungan bersepeda karena selain sehat juga tidak merusak lingkungan. Hal itu dikatakannya usai mengibarkan bendera finish dan menyerahkan hadiah berupa uang pembinaan kepada atlet balap sepeda Tour De Khatulistiwa, di Kantor Bupati Landak, Minggu (4/12) kemarin.

Hadir Pj. Bupati Landak Jakius Sinyor, Ketua Pengda Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kalimantan Barat dr.Karolin Margret Natasa.

“Sepeda Kalimantan Barat belum menunjukan prestasi yang memuaskan karena peminatnya kurang, oleh karena itu kepada anak-anak kita yang SMA-SMA itu mulai sekarang ya berlatihlah mulai menyenangi sepeda. Karena Kalau bisa juara dunia bisa ikut yang bergengsi Tour de France. Sepeda juga menjaga lingkungan tidak ada asap tidak mengeluarkan gas rumah kaca, juga untuk event pariwisata. Oleh karena itu, di negara maju mulai menggunakan sepeda, mengurangi kendaraan bermotor seperti mobil,” ujar Gubernur.

Sebanyak 45 atlet balap sepeda yang tergabung dalam 9 klub, baik dari dalam dan luar negri tampil dalam ajang Tour de Khatulistiwa 2016, yang start pukul 07.00 WIB di depan taman alun-alun Kapuas Pontianak dan finish di depan Kantor Bupati Landak.

Menurut Ketua ISSI Kalbar, Karolin, peserta menempuh rute sekitar 169,5 km menuju kota Ngabang, Kabupaten Landak, para peserta lomba disambut oleh Gubernur Kalbar,  Pj. Bupati Landak,  dan Kepala SKPD Pemkab Landak.

Karolin yang tahun ini mencalonkan diri menjadi Bupati Landak, periode 2017-2022, mengatakan, peserta Tour de Khatulistiwa tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

“Yang hadir terbatas tidak semeriah tahun sebelumnya karena memang masalah dana, dan jujur saja untuk tahun ini kita juga tidak terlalu siap untuk administrasi dan evaluasi, seperti misalnya kita agak deg-degan karena banjir di beberapa ruas,” kata Karolin.

Karolin menegaskan, kedepan jika dilaksanakan, masalah bagian dari alam dan cuaca ini akan jadi pertimbangan. Dan para atlet untuk tetap konsisten dengan segala jatuh bangun,  hambatan serta kualitas dari tahun ketahun semakin meningkat.

Demikian juga, kata Karolin lagi, medan bagi para atlet khususnya di Kalbar tidak ada yang terlalu berat, tetapi yang menjadi tantangan berat dan berbeda di Kalbar adalah cuaca. “Yang di keluhkan itu cuaca,  jadi menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet,” ungkap Karolin.

Pada Tour de Khatulistiwa 2016 itu juara pertama diraih oleh Tony Alfiansyah perwakilan dari PDAM Tirta Kahuripan Bogor. Juara kedua diraih Aiman Cahyadi dari Perusahaan Gas Negara,  dan juara ketiga diraih oleh Hexa Pria Prasetya dari Custom Cycling Club. Masing-masing pemenang lomba mendapatkan hadiah juara 1 uang tunai sebesar Rp10.000.000, juara 2 sebesar Rp7.500.000, juara 3 sebesar Rp5.000.000.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *