Cornelis: Keamanan Faktor Penting Investasi

bi-3-fixed

Gubernur Cornelis.(Ist)

PONTIANAK – Gubernur Kalbar, Cornelis menegaskan keamanan merupakan faktor penting dalam berinvestasi. Ia mengaku setelah mendengar pemaparan outlook ekonomi 2016 yang menggambarkan perekonomian kian membaik, di sisi lain terselip kekhawatiran faktor keamanan.

“Sebenarnya kita pesimis lantaran dilihat dari sisi keamanan berinvestasi kan tergantung keamanan di suatu negara dan suatu daerah. Setelah rasa aman untuk berinvestasi di sektor lain mereka menahan diri. Mereka hanya berpikir jika tidak aman, yang penting bisa untuk makan,”ujar Cornelis, Rabu (14/12) kemarin,.

Mantan Bupati Landak itu berharap 2017 keamanan di negara maju membaik. Karena otomatis iklim dunia usaha semakin membaik. Begitu juga di Indonesia semoga terus membaik.

Bank Indonesia menggelar Pertemuan Tahunan dan Outlook ekonomi 2016 di Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Provinsi Kalbar. Dihadiri pelaku ekonomi, pengamat dan pejabat vertikal.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Dwi Suslamanto, pertemuan tahunan dan Outlook ekonomi 2016 merupakan pertemuan tahunan dan Outlook ekonomi 2016 rutin digelar untuk memaparkan kondisi ekonomi Kalbar. “2017 kami prediksi masih kondusif meski pun belum mengesankan seperti pada 2010 dan 2012,” pungkas Dwi.

BPS mencatat, Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat triwulan III-2016 terhadap triwulan II-2016 mencapai 4,2 persen. Terjadi pada hampir seluruh lapangan usaha. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Pertambangan dan Penggalian sebesar 28,54 persen, diikuti Konstruksi 8,04 persen, Jasa Pendidikan 7,24 persen, dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan 6,97 persen.

Pertumbuhan triwulan III-2016 selain diwarnai oleh faktor musiman Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, juga didorong oleh meningkatnya kegiatan pertambangan bauksit sebagai bahan dasar produksi alumina serta meningkatnya kegiatan pembangunan fisik di Kalimantan Barat.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *