Cornelis: Kita Harus Bangga dengan Produk Lokal dari Bahan Alami

SANGGAU – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, gencar mengimbau penggunaan produk lokal ramah lingkungan terutama peralatan dapur tidak harus semua dari plastik.

“Kenapa kita beli ragak plastik itu. Di kampung banyak bahan alami seperti bambu yang bisa dibuat ragak (keranjang) tinggal nganyam. Jadi kita tinggal menghemat. Tak perlu kita beli, kalau beli ya beli produk lokal. Jangan dibodohin dengan plastik,” ujar Cornelis, disela-sela meninjau stand pada hari kesatuan gerak PKK ke-44, HKP ke-44 Hari Pangan Sedunia ke-36, HARGANAS XXII, dan pencangan PKK-KB-Kes Tahun 2016 Se-Provinsi Kalbar yang dipusatkan di Kabupaten Sanggau, Selasa, (20/9).

Menurut Cornelis sebenarnya tidak perlu pakai peralatan dapur plastik, kalau ada peralatan dapur dari bahan alami yang ramah lingkungan, seperti tempat buah, tempat sayur, bahkan tudung saji, kualitasnya lebih kuat.

Bahan plastik, menurut Cornelis tidak bisa didaur ulang dan merusak lingkungan, sampah plastik juga tidak bisa larut dalam tanah. “Ini bakul (dari rotan) lebih bagus lebih rapi. Harusnya masyarakat kita terus menggalakan produk-produk lokal berbahan dasar seperti bambu, rotan dan kayu tertentu,” ujar Cornelis.

Mantan Bupati Landak itu meminta supaya Dekranasda Provinsi dan kabupaten kota terus menggalakan pemasaran produk lokal yang bernilai ekonomi serta membina para pengrajin di daerahnya masing-masing, kerajinan rumah tangga seperti ini kata Cornelis lagu bisa menunjang ekonomi keluarga. Pemasarannya juga bisa dikoordinir kabupaten kota.

“Kita berharap rakyat semakin cerdas mengatasi masalah kemiskinan melalui keluarga sesuai 10 program pokok PKK. Potensi daerah yang bisa kita kembangkan bernilai ekonomi, menambahkan pendapatan bisa dimulai dari industri rumahan,” ujar Presiden Dayak itu.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *