Cornelis Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menjadi Pembina upacara memperingati hari kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2017 di Kantor Gubernur Kalbar, Senin, (2/10).(Team BK.com)

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menjadi Pembina upacara memperingati hari kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2017 di Kantor Gubernur Kalbar. Namun, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat baru memperingatinya Senin 2 Oktober 2017. Lantaran 1 Oktober 2017 jatuh pada hari Minggu, maka upacara peringatan tersebut dilaksanakan Senin (2/10).

Pada Upacara yang juga di hadiri Forkopimda Kalbar, SOPD dan peserta dari TNI/ Polri, ormas serta Mahasiswa dan Pelajar itu, orang nomor satu di Kalbar itu mengimbau supaya Pancasila harus diimplementasikan di masyarakat.

“Oleh karena itu negara yang mempunyai ideologi Pancasila harus mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bermasyarakat bukan hanya slogan tapi dilaksanakan dan Pancasila ini mengikuti perkembangan jaman, kalau hanya slogan dan tidak mengikuti perkembangan jaman itu ideologi akan mati, hilang tenggelam,” tegas Cornelis.

Mantan Bupati Landak itu menambahkan, Ideologi Pancasila yang selama ini ada sangat berperan mempersatukan seluruh bangsa Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur, menjadi satu kesatuan bangsa yang besar, yang walaupun berbeda-besa namun tetap satu, dan bisa mengalahkan ideologi lain.

“Nah, ideologi Pancasila ini yang bisa menyelamatkan bangsa Indonesia, dimana beberapa kali kita terancam,” ujar Cornelis, usai menjadi Pembina Upacara memperingati hari Kesaktian Pancasila di Kantor Gubernur Kalbar, Senin (2/10).

Menurut Cornelis, kalau mau jujur buka sejarah, bagaimana bangsa Indonesia ketika jaman kerajaan Belanda bangsa Indonesia dipecah-belah. Ketika bangsa Indonesia sudah merdeka semua bisa melihat melihat apa yang terjadi dengan komunis, namun yang bisa menangkalnya adalah Pancasila. “Kita lihat bagaimana komunis menghajar kita tahun 1948 tahun 1965, PGRS PARAKU di Kalbar, bagaimana Sofian itu ingin menghancurkan Kalbar, ditumpas oleh TNI bersama masyarakat Kalimantan Barat.” Ujar Cornelis.

Pada Upacara yang berlangsung khidmad tersebut juga, Gubernur Cornelis membacakan secara lantang Teks Pancasila diikuti seluruh peserta dan Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Biro Hukum Suherman, Pembacaan Ikrar oleh Kepala Biro Pemerintahan Yohanes Budiman. Serta mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara.

 

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *