Cornelis : Rencana Pembangunan Harus Miliki Skala Prioritas

Sambutan Musrenbang Kota fixed

Gubernur Kalbar Cornelis memberikan sambutan pada Pembukaan Musrenbang Kota Pontianak, di Mahkota Hotel, Pontianak, Senin (6/3).(Team BK.com)

PONTIANAK – Gubernur Kalbar Cornelis, menyampaikan hendaknya daerah melakukan pembangunan yang memiliki skala prioritas.

“Saya minta dengan Pak Wali, Dewan, dan peserta rapat yang hadir dalam kegiatan ini untuk menentukan pembangunan skala prioritas,” demikian disampaikan orang nomor satu di Kalbar itu setelah pembukaan Musrenbang Kota Pontianak, di Hotel Mahkota, Senin (6/3) kemarin.

Cornelis menegaskan, skala prioritas dimaksudkan untuk menentukan apa yang perlu dibangun di kota Pontianak, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, jangan hanya ingin membuat dan merencanakan daftar keinginan tapi rencanakan yang prioritas dan itu harus jadi serta terealisasi. Selain itu, dalam membuat perencanaan jangan asal-asalan tapi harus fokus dan rencana tersebut bisa dibangun dan diselesaikan.

Ditambahkannya pula, selain pembangunan infrastruktur, Pontianak juga harus membangun sumber daya manusia yang ada, untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul dan maju, 50 puluh tahun yang akan datang, sehingga bisa menghadapi persaingan global.

Bahkan dalam membangun SDM dirinya menyebutkan harus dimulai sejak manusia itu dihamilkan dan sampai ia dilahirkan. Selain itu ia juga paparkan mengenai usia menikah dimana umurnya harus cukup dan sebelum menikahpun ia katakan harus diimunisasi dan ini merupakan pembicaraan lintas sektor, mulai dari manusianya, kesehatannya dan sebagainya sampailah manusia tersebut sekolah dan mendapatkan pendidikan.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, menjelaskan, Musrenbang RKPD Kota Pontianak untuk menyusun dan merencanakan mengenai pembangunan di 2018.

Dijelaskan Sutarmidji, untuk menunjang percepatan pembangunan yang ada, semua proyek yang ada harus dibuat Detail Engineering Design (DED). Menurut Pria yang akrab disapa Midji itu, pembenahan saluran primer juga menjadi prioritas, karena di Kota Pontianak ada tujuh saluran primer dan ada dua yang jadi prioritas dalam pembenahan. Selain itu pembangunan Jembatan Landak II juga menjadi fokus pembangunan Kota Pontianak untuk kedepannya.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *