Cornelis : Waspadai Intoleransi dan Kejahatan Cyber

Rangkaian Penthabisan uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM Cap. Di Stadion Baning Sintang, Rabu (22/3).(Foto-foto: HC/BK.com)


Hadiri
Penthabisan Uskup Sintang

SINTANG – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan bahwa tantangan gereja katolik ke depan adalah bagaimana mengatasi intoleransi dan kejahatan cyber serta narkoba yang mengancam generasi muda.

“Selamat kepada Mgr Samuel Oton Sidin, tugas dan tanggung jawab Bapak Uskup sangat berat, karena tantangannya umat katolik tidak disiplin mereka sudah pergi sebelum acara selesai. Berarti tidak melaksanakan firman Tuhan sebagaimana Roma 13 ayat 1-7.

Selain itu masalah intoleransi dimana gereja katolik tidak ada bicara.

Tantangan kedua adalah penghancuran bangsa ini menggunakan narkoba secara terstruktur terencana dan masif.” ujar Cornelis, ketika memberikan sambutan pada Penthabisan Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap, sebagai uskup Sintang, di Stadion Baning Sintang, Rabu (22/3).

Menurut Cornelis, untuk mengantisipasi masalah tersebut gereja katolik melakukan pembinaan iman pengharapan dan kasih melalui keluarga demikian juga masalah indek pembangunan manusia (IPM) di kalbar kalau lihat petanya kantong kemiskinan banyak terjadi bagi pengikut Yesus.

“Yesus tidak pernah melarang kita kaya, cerdas. Mari bersama-sama pemerintah mengatasinya.” ujar Mantan Bupati Landak itu.

Secara khusus Cornelis yang juga Presiden MADN itu mohon bantuan gereja untuk mencerdaskan umat katolik yang ada di tiga kabupaten yakni Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu, selain itu ikut menjaga toleransi antar umat beragama.

“Saya komit untuk menjaga melindungi memberikan setiap agama yang ada di republik indonesia ini untuk berkembang asal jangan radikal. Saya berhak menutup aliran aliran yang tidak sesuai dengan Pancasila, UUD 1945 dan nilai nilai kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Cornelis.

IMG_9146

Kemudian masalah kejahatan cyber juga jadi penekanan Gubernur Cornelis, yakni penyebaran kabar-kabar bohong atau Hoax, melalui media sosial, dunia maya. dari keluarga yang bisa mengatasinya. “Jangan sampai berita bohong bisa menghancurkan negara Republik Indonesia. Geteja harus mengikuti perkembangan informasi agar tidak ketinggalan.” pinta Cornelis.

Samuel Oton Sidin, dalam sambutannya meminta dukungan umat katolik keuskupan Sintang dalam tugas pengembalaanya “saya mohon doa dan dukungan umat Katolik dan pihak terkait dalam menjalankan tugas pengembalaan saya, saya tidak dapat mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yesus yang memanggil saya sebagai seorang uskup Dia yang mrmanggil akan mencukupkan apa yang kurang pada diri saya.” Ujar Samuel.

Samuel mengajak umat keuskupan Sintang agar tetap sehati membangun keuskupan Sintang. Sehingga bisa mewujudkan keuskupan Sintang bebas dari sekat sekat dan tercapainya kemanusiaan yang adil dan beradab.

Ketua Panitia Penthabisan Yosepa Hasnah mengatakan penunjukan uskup sintang merupakan karya allah yang agung di keuskupan sintang.

Ribuan umat Katolik hadir dalam acara pentahbisan Uskup Keuskupan Sintang Mgr Samuel Oton Sidin OFM Cap di Stadion Baning Sintang. Sebagai Uskup Penabhis utama Mgr. Agustinus Agus, Uskup Penabhis Pendamping Mgr. Pius Riana Prapdi, dan Yulius Mencucini.

Mgr Samuel Oton Sidin OFM Cap menggantikan Mgr Agustinus Agus Pr yang sebelumnya ditahbiskan sebagai Uskup Sintang pada 6 Februari 2000 silam, oleh Mgr Julius Kardinal Darmaatmadja SJ.

IMG_9142

Mgr Agustinus Agus Pr akan memberi tongkat penggembalaan umat Katolik di tiga kabupaten yakni Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu kepada Mgr Samuel Oton Sidin OFM Cap di hadapan ribuan umat Katolik.

Selain jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, pentahbisan turut dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) Eusabius Binsasi.

Gubernur Kalbar Cornelis, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, Bupati Melawi Panji, Bupati Sekadau Rupinus, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero, Bupati Sanggau Paolus Hadi, Bupati Suryaman Gidot, Ketua Pemuda Katolik RI dr. Karolin Margret Natasa, Anggota DPR RI dan beberapa pejabat lainnya.

31 Uskup dari 37 keuskupan di Indonesia juga hadir dalam pentahbisan ini antara lain Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Keuskupan Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Pr, Uskup Keuskupan Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota, Uskup Keuskupan Denpasar Mgr Silvester Tung Kiem San.

Uskup Keuskupan Larantuka Mgr Franciscus Kopong Kung, Uskup Keuskupan Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin, Uskup Keuskupan BogorMgr Paskalis Bruno Syukur, Uskup Keuskupan Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Uskup Keuskupan Manado Mgr Joseph Theodorus Suwatan.

Ada juga Uskup Keuskupan Agung Medan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, Uskup Keuskupan Padang Mgr Martinus Dogma Situmorang, Uskup Keuskupan Sibolga Mgr Ludovikus Simanulang, Uskup Keuskupan Agung Merauke Mgr Nicolaus Adi Saputra, Uskup Keuskupan Agats Mgr Aloysius Murwito.

Uskup Keuskupan Manokwari Mgr Hilarion Datus Lega, Uskup Keuskupan Tanjung Karang Mgr Yohanes Harun Yuwono, Uskup Keuskupan Ketapang Mgr Pius Riana Prapdi, Uskup Keuskupan Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto, Uskup Keuskupan Banjarmasin Mgr Petrus Boddeng Timang Uskup Keuskupan Palangkaraya Mgr Aloysius Sutrisnaatmaka.

Kemudian, Uskup Keuskupan Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, Uskup Keuskupan Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono, Uskup Keuskupan Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi, Uskup Keuskupan agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso, Uskup Keuskupan Agung Makasar Mgr Johannes Liku Ada.

Uskup Emeritius Keuskupan Ketapang Mgr Blasius Pujaraharja, Emeritus Keuskupan Agung Pontianak Mgr Hieronymus H Bumbun dan Uskup lainnya, Vikjen, para pastor, suster dan masyarakat Katolik segala lapisan.

Seksi Liturgi Panitia Penthabisan Paulus Higang mengatakan umat yang datang dari tiga Kabupaten yakni Melawi, Sintang, Kapuas Hulu. Hosti yang disiapkan 11.250, belum ditambah undangan dari Kabupaten dan provinsi lain.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *