Desa Terpencil di Kalsel Belum Tersentuh Listrik

IMG_20150212_113437

Desa terpencil, Tapin di Kalsel menunggu kebaikan pemerintah untuk dialiri listrik negara.(foto: mydream.dejavu.blogspot.com)

TAPIN – Nama Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Di wilayah itu hingga kini ini belum merasakan listrik PLN. Mereka hanya mengandalkan listrik tenaga surya dan lampu teplok.

Ironisnya, tiang listrik sudah ada di desa tersebut, bahkan kabelnya juga sudah terpasang, namun belum juga bisa menyala. Desa Pipitak Jaya memang termasuk daerah terpencil di Tapin, lokasinya berada di kaki bukit Pegunungan Meratus. Untuk menjangkau desa ini harus melewati jalan berliku dan terjal.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Sugianor, berharap aliran listrik PLN segera masuk ke desanya. Memang listrik tenaga surya sudah ada, tetapi kemampuan dayanya terbatas.

Camat Piani, Didit, membenarkan di desa tersebut listrik belum bisa menyala, padahal tiang listriknya sudah ada, jaringan dan kabel listriknya juga sudah terpasang. Entah apa sebabnya sehingga listrik PLN tersebut belum bisa menyala di desa itu.

Menurut Didit, Desa Pipitak Jaya menyimpan potensi alam yang bagus, seperti ada wisata alam air terjun, ada wisata bambu rafting (berakit bambu) seperti di Loksado. Tetapi karena tidak ada listrik PLN, menyebabkab turis lokal, nasional dan asing enggan datang.

“Bagaimana men-charge hape kalau listrik tidak ada. Intinya listrik bagian dari denyut kehidupan. Kami sangat mengharapkan listrik bisa segera beroperasi di desa itu,” harap Didit.

Dalam waktu dekat, kata Didit, pihaknya akan menyurati PLN melalui Pemda Tapin, supaya listrik di Pipitak Jaya segera menyala. (ram / photo:mydream-dejavu.blogspot.com

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *