Disbun Kaltim Ekstensifikasi Lahan Seluas 975 Hektar

image

Petugas perkebunan menyiapkan bibit tanaman kelapa sawit untuk kegiatan ekstensifikasi komoditi tanaman.(Ist)

SAMARINDA – Guna menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim, Dinas Perkebunan (Disbun) kembali melakukan kegiatan ekstensifikasi atau penanaman baru.

Ekstensifikasi terhadap komoditi perkebunan seluas 975 hektar terdiri dari lahan kelapa sawit seluas 750 hektar dan karet 150 hektar serta lada sekitar 75 hektar.

Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati mengatakan instansinya tidak hanya mengembangkan komoditi unggulan (kelapa sawit) tetapi komoditi unggulan lain seperti karet dan lada.

“Kegiatan ekstensifikasi perkebunan kelapa sawit, karet dan lada akan dilaksanakan di enam kabupaten dan dua kota di Kaltim,” sebut Etnawati, kemarin (3/6).

Kabupaten dan kota lokasi ekstensifikasi komoditi perkebunan itu yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Paser, Berau, Samarinda dan Balikpapan.

Didampingi Kepala Bidang Pengembangan Bambang Fajrul Fallah, dia mengemukakan pihaknya mengadakan sosialisasi di wilayah ekstensifikasi sejak Mei hingga Juni ini.

Sosialisasi selain untuk pemberdayaan masyarakat petani dan lahan yang potensial. Juga, terus memelihara komoditi spesifik lokal agar dijaga, dipelihara dan direhabilitasi.

“Sosialisasi juga memastikan calon lahan dan calon petani (CP/CP) untuk bantuan bibit dan saprodi. Sehingga, menambah dan memperluas lapangan kerja bagi petani pekebun kelapa sawit, karet dan lada,” ungkapnya.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *