Dua Program Perikanan Kapuas Hulu Ditarik Provinsi

Ilustrasi

KAPUAS HULU – Sekretaris Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Wajidi mengatakan ada dua program prioritas yang dihilangkan kewenangannya dari Dinas Perikanan Kapuas Hulu dan akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Tahun ini kita tidak memiliki kewenangan yang berkaitan dengan pengawasan dan pengelolaan” kata Wajidi ketika ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.

Menurut Wajidi kedua program tersebut merupakan program prioritas Dinas Perikanan Kapuas Hulu tahun 2016 yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Namun dengan adanya Undang – Undang nomor 23 tahun 2014 Tentang pemerintah daerah dan diperkuat lagi oleh Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 26 tahun 2016, kedua program prioritas itu kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Kami sangat menyayangkan program pengawasan dan pengelolaan sekarang kewenangannya ada di provinsi,” tutur Wajidi.

Ditambahkan, Kasubbag Program Dinas Perikanan, Abdul Hamid bahwa program pengawasan dan pengelolaan itu merupakan program prioritas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kita khawatirkan kedua program itu tidak bisa terlaksana oleh provinsi,” jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu diharapkan kebijakan tersebut dievaluasi kembali sehingga pengawasan dan pengelolaan dikembalikan ke kabupaten atau kota.

Dengan ditariknya kewenangan itu Dinas Perikanan Kapuas Hulu meminta masyarakat dapat memahami kondisi yang ada.

“Kami bukan berarti tidak memperhatikan masyarakat, namun terbentur dengan aturan, meskipun demikian koordinasi harus tetap berjalan,” kata Hamid.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *