Frederika Cornelis: Lestarikan Kerajinan Lokal ‘Bide’ Bengkayang

20150818_233928

Ketua PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis Spd.(HC)

BENGKAYANG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat Ny. Frederika Cornelis SPd mengajak PKK Kabupaten Bengkayang agar melestarikan kerajinan lokal, “di Bengkayang ada kerajinan yang paling terkenal yakni Bide (sejenis tikar dari rotan dan kulit kayu), itu harus dikembangkan,” ujar Frederika ketika serah terima Ketua Tim PKK Kabupaten Bengkayang, dari Ny. Suryadman Gidot kepada Ny. Dominika Moses Ahie, Selasa (18/8) di aula Kantor Bupati Bengkayang.

Bide Bengkayang merupakan tikar khas masyarakat Dayak Bidayuh yang sudah ratusan tahun menjadi ciri khas masyrakat setempat. Belakangan Bide menjadi primadona di negeri Malaysia.

Menurut Frederika, menjadi Ketua Tim penggerak PKK di Kabupaten otomatis juga menjadi ketua Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) dimana kedua fungsi lembaga tersebut berkaitan erat karena sama-sama sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan. 

Frederika melanjutkan, tugas PKK selain menjalankan 10 program pokok, juga mengembangkan potensi kerajinan daerah, “silakan ketua Tim Penggerak PKK untuk mengadakan pelatihan seperti meraut rotan sebagai bahan bide tanpa menggunakan mesin,” terang frederika.

Dirinya menepis anggapan bahwa PKK itu selalu diplesetkan sebagai perempuan kurang kerjaan, itu tidak benar, justru PKK itu sangat penting sebagai ujung tombak penggerak pembangunan dalam keluarga, sebagai mitra pemerintah yang langsung turun ke masyarakat membantu pemerintah dalam sosialisasi terkait kesehatan keluarga, Keluarga berencana dan sebagainya melalui 10 program pokok PKK.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *