Frederika Tanam Cabai Perdana di Kebun Kehati Sekadau

Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis bersama Gubernur Kalbar Cornelis didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau dan Bupati beserta Bupati Sekadau melakukan tanam Cabai perdana di Kebun Keanekaragaman Hayati (Kehati) milik Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. Kamis (23/3).(HC/BK.com)

SEKADAU – Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis bersama Gubernur Kalbar Cornelis didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau dan Bupati beserta Bupati Sekadau melakukan tanam Cabai perdana di Kebun Keanekaragaman Hayati (Kehati) milik Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. Kegiatan tersebut dilaksanakan usai pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Sekadau, di Aula Kantor Bupati, Kamis (23/3). Frederika juga melakukan Peninjauan kebun kacang dan kebun kangkung yang yang siap panen, letaknya berdekatan dengan Kebun Cabai.

IMG_9155

Dijelaskan Frederika, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2013 Bab 2 Pasal 2 bahwa Pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Untuk itu dalam program kerjanya sebagai mitra pemerintah, Frederika menganjurkan dinas instansi terkait agar bekerjasama dengan PKK. Jikapun dalam penganggaran tidak bisa secara langsung oleh PKK maka bisa pengerjaan kegiatannya oleh PKK, karena disatu sisi, PKK buat program sendiri tapi harus sinergi dengan dinas-dinas. “PKK ini tugas sosial yang membantu pemerintah dalam pembangunan dan langsung ke desa-desa.” ujar Ketua Forikan Kalbar itu.

Dirinya prihatin setelah mengetahui ada beberapa Kabupaten yang PKK tidak dianggarkan padahal PKK ini adalah mitra kerja pemerintah maka banyak SKPD dan dinas yang bisa kerjasama dengan PKK misalnya mengenai ideologi yang masuk dalam 10 program pokok PKK.

Dijelaskan Frederika pula, di PKK yang melaksanakan program kegiatan dibagi dalam empat kelompok kerja (Pokja) I membidangi ideologi, untuk Pokja II pendidikan, pokja III pertanian perkarangan dan sebagainya berkaitan dengan dinas pertanian, mengenai kesehatan ditangani Pokja IV.

“Maka dari itu saya mengharapkan pada Bapak Kadis terkait agar menyusun program jangan sampai dobel anggaran terutama yang bekerjasama dengan PKK.

Penyusunan program kerja sama dengan dinas terutama yang bersentuhan dengan langsung dengan masyarakat karena Ini sudah instruksi ketua Tim Penggerak PKK pusat yakni Ibu Menteri Dalam Negeri. Maka saya mohon kerjasama dengan PKK dalam penyusunan program.” Kata Frederika lagi.

Untuk menghindari tumpang tindih anggaran jika memang dilakukan kerjasama, Frederika menjelaskan, yang mana dianggarkan oleh dinas maka PKK tidak perlu lagi menganggarkan tetapi tinggal mengerjakan saja demikian juga dengan laporan pertanggungjawaban cukup dinas terkait yang membuatnya.

Selain itu, orang nomor satu di PKK provinsi Kalbar itu mengajak istri para anggota DPRD untuk terlibat aktif dalam PKK, siapapun boleh mengabdi di PKK asal tulus karena ini lembaga sosial.

Caption Foto : Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis bersama Gubernur Kalbar Cornelis didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau dan Bupati beserta Bupati Sekadau melakukan tanam Cabai perdana di Kebun Keanekaragaman Hayati (Kehati) milik Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. Kamis (23/3).

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *