Gubernur Kalbar Ajak Tanam Pohon

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, menyerahkan kenang-kenangan berupa perisai Dayak kepada mantan Menteri Lingkungan Hidup jaman Orba, Sarwono Kusumaatmaja.(Tea, BK.com)

Atasi Perubahan Iklim

PONTIANAK – Sebagai aksi nyata mengatasi perubahan iklim yang sudah menjadi isu Internasional, Gubernur Kalimantan Barat mengimbau seluruh stekholder di Kalimantan Barat bahkan sampai ke tingkat RT untuk menanam pohon, minimal satu keluarga lima pohon. Penanaman pohon guna menyerap karbon selain juga menjadi bahan pangan keluarga.

Cornelis mengatakan, perubahan iklim ini akan berpengaruh pada musim tanam. Bila bicara masalah keselamatan dunia, bukan hanya Kalimantan Barat, karena kuncinya ada pada di Kalimantan.

Dikatakannya, salah satu permasalahan global yang menjadi isu banyak dibicarakan yaitu kerusakan bumi. “Nah, bagaimana kita memperbaikinya karena pertumbuhan manusia di muka bumi ini sudah melebihi daya tampung bumi, negara-negara di dunia harus punya pendapatan untuk membiayai rakyatnya, sementara iklim sudah tidak bisa ditebak, sehingga aksi yang dilaksanakan ini supaya kita mengerti dan paham bagaimana kita mengetahui bagaimana perubahan iklim di muka bumi diatasi, caranya hanya dengan menanam pohon minimal di depan rumah, 5 pohon. Dunia ini tergantung kepada hutan yang ada di Indonesia,” ujar Cornelis, Selasa (1/8).

Cornelis juga mengingatkan agar tidak ada lagi oknum yang merusak hutan.

Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim, Sarwono Kusumaatmadja mengatakan saat ini isu perubahan iklim sedang dirundingkan di tingkat internasional, dan nasional, instrumennya sedang dilengkapi, namun inisiatif lokal menjadi penting, karena akan sangat berpengaruh dalam pembentukan kebijakan baik dalam internasional maupun nasional, “Kita jangan menunggu, ikuti saja teladan dari Gubernur Kalbar, tunjukan bahwa Indonesia adalah solusi bukan problem, dalam perubahan Iklim ini,” pungkas Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup era Orde Baru ini.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *