Guru Tanah Laut Wakili Kalsel Ke Australia

guru

Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengucapkan Selamat Kepada Guru Berprestasi Muhammad Riduan yang telah berpretasi di tingkat Nasional kemudian akan mengikuti studi singkat pengembangan profesi guru SMP ke Australia.(Foto Antara)

PELAIHARI – Guru Bahasa Indonesia SMPN 4 Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Muhammad Riduan mendapatkan beasiswa studi singkat ke Melbourne Australia, mewakili Kalimantan Selatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Saya merasa bersyukur terpilih mewakil Kalsel mendapatkan beasiswa studi singkat pengembangan profesi guru SMP ke Melbourne, Australia, dari tanggal 10  Nopember sampai 4 Desember 2016,” ujar Muhammad Riduan, di Pelaihari, Senin.

Menurut dia,  beasiswa tersebut didapat dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Pemerintah Australia.

Dijelaskannya, terpilihnya sebagai wakil Kalsel mendapatkan beasiswa tersebut setelah berhasil lolos pada seleksi guru berprestasi tahun 2015 di tingkat nasional.

Seleksi  tersebut, jelas dia, dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat kabupaten, provindi hingga tingkat nasional.

Beasiswa yang didapat itu, ucap dia, merupakan salah satu penghargaan menjadi guru berprestasi berdasarkan penilaian  beberapa aspek seperti,  pengetahuan kepengawasan pendidikan,  hasil karya inovasi guru, presentasi ilmiah dan inovasi yang dilakukan.

Prosentasi yang dilakukannya, terang dia, berupa peningkatkan kemampuan siswa menyunting karangan melalui metoda  Permainan Kartun Sambung (Perkasa).

Lebih lanjut dia mengemukakan, sebagai seorang guru harus memiliki daya kreasi,  inovasi, sehingga tidak hanya saat ingin mengikuti lomba atau saat pengajuan naik pangkat saja.

Namun, tegas dia,  dalam sehari hari harus memunculkan inovasi,  sehingga menghasilkan pembelajaran maksimal dan kemampuan siswa menjadi optimal.

Diakuinya,  dukungan pemerintah kabupaten sangat besar ketika mengikuti seleksi  tersebut, terutama untuk berinovasi dalam pembelajaran.

Terpisah, Bupati Tanah Laut  Bambang Alamsyah merasa bersyukur guru dari Tanah Laut mendapatkan beasiswa belajar ke Australia.

Ia berpesan, agar kesempatan belajar di Australia digunakan sebaik-baiknya  untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman mengenai sistem pendidikan di Australia.

Selain itu, bupati berharap, dalam kesempatan belajar di Australia Muhammad Riduan dapat mengenalkan Tanah Laut dengan pemerintah Australia.

“Saya juga berharap Muhammad Riduan dapat menjadi contoh guru di daerah ini,  agar berprestasi dan memberikan inovasi bagi anak didik,” demikian tegasnya.(Antara)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *