Honor Guru di Landak Disesuaikan dengan Anggaran yang Ada

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.(Team BK.com)

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengungkapkan, bahwa dirinya tidak masalah dengan mengeluarkan SK untuk Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), namun kata Bupati, resiko dari SK pengangkatan tersebut adalah membayar honor para guru.

Hal itu disampaikan terkait kesejahteraan para guru dan PNS dan honor yang diterima oleh guru di daerah terpencil, yang jauh dibawah UMK Kabupaten Landak.

Bupati Landak menjelaskan, bahwa tenaga guru di Kabupaten Landak itu terdiri dari Guru PNS, PTT Daerah dan Honorer BOS.

Untuk PTT Daerah itu di SK kan oleh Bupati, sedangkan tenaga honorer BOS itu direkrut dan di SK kan oleh Kepala Sekolah.

“Untuk memenuhi kompetensi sebagai guru, salah satu yang dibutuhkan adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang di peroleh melalui SK yang dikeluarkan oleh Bupati. Saya tidak masalah meng SK kan, namun resiko dari SK Bupati itu kita harus membayar honor mereka,” kata Karolin, Senin (13/11).

“Boleh kita SK kan, tapi mampu atau tidak anggaran kita untuk membayar mereka. Saya secara secara pribadi tidak masalah mengeluarkan SK itu,” tuturnya.

Selanjutnya, yang menjadi catatan penting bagi Karolin yakni pola perekrutan tenaga honorer oleh Kepala Sekolah tidak diketahui. Dampaknya seringkali tenaga honor yang diangkat jadi guru honor tidak sesuai standar dan kapabilitas sebagai seorang pendidik.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *