Indahnya Panorama Bengkayang dari Bukit Jamur

Bengkayang adalah nama sebuah kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kabupaten Bengkayang berada di sisi utara Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan wilayah negara bagian Sarawak, Malaysia. Nama Bengkayang diambil dari nama sebuah sungai yang mengalir di wilayah kabupaten ini.

Kabupaten Bengkayang merupakan daerah yang dikelilingi oleh gunung, bukit dan lembah yang mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona. Salah satu tempat terbaik untuk melihat pesona alam Bengkayang adalah dari Bukit Jamur. Karena dari Bukit Jamur inilah kita bisa melihat pemandangan Kabupaten Bengkayang dari ketinggian Bukit Jamur oleh sebagian masyarakat Kabupaten Bengkayang disebut juga dengan nama Bukit Batu karena memang bukit ini terdiri dari hamparan batu yang cukup besar.

Bukit Jamur terletak di Desa Belangko yang hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Kabupaten Bengkayang. Untuk mencapai desa ini hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan kecil desa yang kondisinya sudah cukup baik. Untuk mencapai puncaknya kita harus mendaki kurang lebih selama 2 jam melalui jalur kecil yang sudah dibuat oleh warga.

Perjalanan menuju puncak Bukit Jamur akan melewati hutan rimba dengan pepohonan yang masih sangat rindang dengan sumber air yang masih sangat melimpah dan udara yang sangat segar. Tidak perlu takut untuk kehabisan air, sebab kita bisa mengambil dan meminum air langsung dari sumber mata airnya yang sangat jernih. Hanya sedikit sinar matahari yang menembus ke dalam hutan tersebut karena rindangnya pohon. Selain itu kita juga akan melewati jalur dengan kemiringan hampir mencapai 85 derajat.

Pemandangan lain yang bisa kita lihat sepanjang perjalanan adalah kolam-kolam bekas penambangan emas ilegal yang dilakukan oleh penduduk sekitar yang biasa disebut dengan dompeng.

Dua jam perjalanan yang cukup melelahkan ke puncak Bukit Jamur akan terbayar dengan pemandangan indah yang terlihat di depan mata. Kita bisa melihat seluruh pemandangan Kota Bengkayang yang dikelilingi oleh bukit dan lembah. Di atas Bukit Jamur ini kita juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan.(sumber: Travelmate)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *