Kalimantan Timur Canangkan Penanaman Jagung Serentak

Ilustrasi

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mencanangkan penanaman jagung serentak yang dipusatkan di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

“Lokasi pencanangan penanaman jagung serentak sudah kami persiapkan yakni di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser dengan luas keseluruhan 1.000 hektare yang termasuk dalam anggaran murni,” kata Kepala Dinas Pertanian Kaltim H Ibrahim, di Kabupaten Paser, dikutip dari Antara, Selasa, (8/11).

Pencanangan penanaman jagung secara serentak di Kabupaten Paser itu, kata Ibrahim, dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Awang Faroek Ishak ke wilayah bagian Selatan Provinsi Kaltim.

Selain mencanangkan penanaman hagung serentak di seluruh wilayah Kaltim, Awang Faroek, lanjut Ibrahim, juga meninjau sejumlah proyek yang telah dilaksanakan di daerah itu.

Selain di Kabupaten Paser, penanaman jagung tambah Ibrahim, juga dilaksanakan di Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara serta di beberapa kabupaten/kota lainnya dengan luas areal penanaman secara keseluruhan lebih 5.000 hektare.

“Begitu juga pada anggaran perubahan, akan dilakukan penanaman pada lahan 5.000 hektare. Jika bisa berhasil menyelesaikan dua anggaran tersebut, maka pada 2017, Kaltim akan mendapatkan lagi 27.000 hektere,” ujarnya.

“Kami berharap, apa yang dilakukan ini bisa berjalan sukses, sehingga nantinya bisa dilanjutkan tahun depan dengan luas areal yang lebih besar,” ucap Ibrahim.

Pada pencanangan penanaman jagung itu kata Ibrahim, Gubernur Kaltim juga menyerahkan bibit jagung kepada petani dan menyerahkan tiga unit traktor untuk pengelohan tanah khusus jagung.

Pada kunjungan kerja ke wilayah bagian Selatan tersebut tambahnya, Gubernur Kaltim juga menyerahkan 50 unit rumah untuk Komunitas Adat Terpencil di Kabupaten Paser, penyerahan bantuan sosial terencana baik untuk veteran, janda veteran maupun untuk penyandang disabilitas.

Gubernur Kaltim lanjutnya, juga melakukan penanaman bibit pohon jagung di Daerah Aliran Sungai (DAS) baik di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Paser.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *