Kaltim Peroleh Rp165 Miliar Untuk Pembangunan Pertanian

Ilustrasi

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, mendapatkan dana Rp165 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pengembangan sektor pertanian di daerah itu.

“Pembangunan pertanian dalam arti luas, sudah menjadi program prioritas pembangunan daerah. Program prioritas daerah telah mendapat dukungan penuh pemerintah pusat dan terbukti tahun ini Kaltim mendapat kucuran dana Rp165 miliar untuk pertanian,” kata Kepala Dinas Pangan, Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim, seperti dikutip Antara, di Samarinda, Selasa

Dana itu kata Ibrahim, akan difokuskan pada kegiatan pengembangan jaringan irigasi (pengairan) serta pengadaan alat-alat mesin pertanian (Alsintan).

Termasuk lanjut Ibrahim, untuk pengembangan kegiatan pertanian tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedelai (pajale) yang masuk dalam program nasional upaya khusus (Upsus Pajale).

“Upsus Pajale masuk program prioritas untuk pencapaian swasembada pangan nasional dan Kaltim menjadi salah satu provinsi yang dipilih untuk pengembangannya,” tutur Ibrahim.

Program Upsus menurut Ibrahim, dapat sukses di Kaltim karena dukungan kebijakan dan anggaran dari pemerintah pusat, selain ketersediaan lahan yang potensial.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui APBD 2017 tambhanya, juga mengalokasikan anggaran Rp15 miliar untuk mendukung kegiatan pangan dan hortikultura melalui Dinas pertanian setempat.

Dana APBD itu lanjutnya, juga diperuntukkan pada pembiayaan kegiatan operasional kantor sesuai kebutuhan dan operasional pembangunan skala prioritas.

“Dana APBD Rp15 miliar juga akan difokuskan pada pengembangan padi ladang yang potensial dikembangkan di kawasan kabupaten di Kaltim,” jelas Ibrahim.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *