Kapolres Bartim: Waspadai Obat Ini Dari Anak-anak

Obat berbahaya diupayakn jauh dari anak-anak.(Ist)

Tamiang Layang  РKepolisian Resor Barito Timur, Kalimantan Tengah mengingatkan warga setempat agar waspada akan peredaran dan penyalahgunaan obat PCC (paracetamol cafein carisoprodol) terhadap anak-anak.

“Walaupun saat ini baru ditemukan di Kendari, Sulawesi Tenggara, kita semua wajib waspada akan peredaran obat ini di Bartim,” kata Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya SIK, Kamis.

Menurutnya, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kini melakukan pemeriksaan terhadap kandungan zat pada pil PCC.

Ketika mengkunsumsi pil PCC, si pemakai akan mengalami efek menjadi tidak sadar dan berperilaku seperti kesetanan. Hal ini sama pengaruhnya dengan sejenis pil flaka atau yang dikenal dengan pil zombi.

Dijelaskan taruna Akpol 1997 itu, ciri – cirinya obat tersebut berwarna putih bundar dan ada tulisan PCC-nya.

“Tidak menutup kemungkinan bisa berubah warna dan bentuk yang berbeda. Oleh karena itu, lebih baik waspada. Berikan imbauan kepada anak agar menjauhi dan tidak mengkonsumsi obat obatan terlarang, terutama pil PCC,” imbaunya.

Untuk membentengi generasi muda, hal ini akan dikonsultasikan dengan BNNK setempat untuk bisa mensosialisasikan ke masyarakat dan sekolah-sekolah.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *