Kapuas Hulu Miliki 250 Spesies Ikan Air Tawar

Ilustrasi

KAPUAS HULU, Putussibau – Pemerintah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mencatat sebanyak 250 spesies ikan air tawar ada di perairan baik sungai maupun danau di wilayah setempat.

“Ratusan jenis ikan itu merupakan ikan ekonomis seperti ikan arwana, semah jelawat, gabus, ringgau, rotia, betutu, belida, tambakan, lais, patin, baung, tapah, cat fish dan sejumlah jenis ikan air tawar lainnya,” kata Sekda Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri dilansir dari Antara, Minggu (6/8/2017).

Seka mengatakan hal itu ketika mewakili Bupati Kapuas Hulu pada pemaparan pengembangan perikanan Kapuas Hulu saat kunjungan Kementerian Perikanan ke Kapuas Hulu di Bandara Pangsuma Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu, Sabtu.

Dijelaskan Sukri, saat ini penghasil ikan terbanyak di Kapuas Hulu adalah daerah yang terletak di kawasan Danau Sentarum, yaitu di Kecamatan Suhaid,Embau, Selimbau, Batang Lupar, Badau dan termasuk Bunut Hilir serta di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas.

“Lebih dari 70 persen penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat berasal dari Danau Sentarum,” kata Sukri.

Menurut Sukri, di sepanjang DAS tersebut terdapat 85 rukun nelayan atau 5.467 Kepala Keluarga atau 27.335 jiwa serta 30.015 jiwa pembudidaya.

Ia juga mengatakan untuk menjaga ekosistem dan konservasi Kapuas Hulu memiliki 23 danau lindung yang pengelolaannya melibatkan langsung masyarakat setempat.

“Kapuas Hulu memang memiliki potensi perikanan yang cukup besar, namun belum bisa dikelola secara optimal,” kata Sukri.

Sukri menyampaikan jenis usaha yang bisa dikembangkan, yaitu perikanan tangkap dan budidaya yang merupakan salah satu peluang usaha pengembangan budidaya untuk jenis ikan bernilai ekonomis tinggi terutama untuk ikan arwana.

Bahkan, kata Sukri, Kapuas Hulu memiliki letak geografis yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga sehingga dalam pengembangan usaha perikanan selain untuk memenuhi kebutuhan lokal dan sejumlah daerah di Kalimantan Barat juga berpeluang besar untuk di ekspor memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Usai mendengarkan paparan ekspose potensi perikanan Kapuas Hulu dari Pemerintah setempat, rombongan Kementerian Perikanan menuju Danau Lindung di Empangau dan Desa Bunut Hilir di Kecamatan Bunut Hilir, Kapuas Hulu, untuk menghadiri panen raya ikan air tawar.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *