Kecantikan Ibu Negara China Telah Merebut Hati Presiden Putin

Barack Obama, Xi Jinping, Vladimir Putin, Peng Liyuan

BEIJING – Sebuah pemandangan menarik terjadi di sela-sela KTT APEC di Beijing, China, ketika Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan mantelnya untuk ibu negara China, Peng Liyuan yang kedinginan.

Senin (10/11/2014) malam, para pemimpin dunia berkumpul di tengah udara dingin Beijing untuk menghadiri upacara pembukaan KTT APEC. Saat itulah, Presiden Putin menunjukkan perhatiannya kepada ibu negara China, Peng Liyuan.

Saat melihat Peng Liyuan, istri Presiden China Xi Jinping, kedinginan dalam balutan gaun suteranya, Putin berdiri dari kursinya dan menyampirkan mantel tebalnya ke bahu Peng Liyuan.

Akibatnya, situasi canggung sempat terjadi selama beberapa saat. Ibu negara China terlihat tersipu sebelum melepas mantel Putin, menyerahkannya kepada sang asisten dan kemudian mengenakan sebuah kardigan.

Presiden Xi, yang duduk di sebelahnya, tak sadar dengan kejadian itu karena tengah serius berbincang dengan Presiden AS Barack Obama.

Namun, insiden unik itu tertangkap kamera televisi pemerintah China dan menuai banyak komentar di dunia maya. Sejumlah pengguna internet mengatakan kecantikan Peng Liyuan telah merebut hati Presiden Putin yang gagah itu.

Pemerintah China kemudian menyensor adegan itu, menghapus rekaman kejadian tersbeut dan menyingkirkan semua komentar terkait Putin dan Peng Liyuan dari internet.

KTT APEC yang dihadiri 21 negara itu sebenarnya merupakan ajang pembicaraan perdagangan dan kerja sama ekonomi antarnegara Asia Pasifik.

Namun, sejumlah momen penuh kecanggungan misalnya pertemuan antara Presiden Xi Jinping dan PM Shinzo Abe atau pertemuan Presiden Obama dan Putin, menjadi hiburan tersendiri.

Salah satu yang menjadi bahan kritikan para jurnalis televisi China adalah kebiasaan Obama mengunyah permen karet nikotin.

Saat turun dari mobil untuk menghadiri jamuan makan malam pembukaan KTT APEC, Obama terlihat mengunyah permen karet yang memicu kritik terhadap “kebiasaan orang Amerika”, sementara beberapa orang lain menyebut Obama lebih mirip bintang musik rap ketimbang seorang presiden.

Sumber: Banjarmasin Post/Reuters

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *