Ketapang Mendominasi Realisasi Investasi Di Kalbar

Pabrik bauksit di Ketapang, Kalbar.(Ist)

PONTIANAK – Kabupaten Ketapang mendominasi realisasi investasi di Kalimantan Barat pada Triwulan I-2017 yakni sebesar Rp1,31 triliun baik asing maupun dalam negeri.

“Kontribusi realisasi investasi di Ketapang dari total realisasi investasi di Kalbar yakni 11,02 persen. Untuk realisasi investasi di Kalbar sendiri pada Trilwulan I-2017 sebesar Rp4,98 triliun,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar, Syawal Bondoreso di Pontianak, dikutip dari Antara, Jumat (26/5).

Secara rinci, realisasi investasi di Kabupaten Ketapang terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp105 miliar dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp1,2 triliun.

Ia menambahkan dari 14 kabupaten dan kota yang ada di Kalbar, nilai realisasi investasi tertinggi setelah Ketapang adalah di Kabupaten Mempawah. Nilai realisasi tersebut sebesar Rp1,26 triliun yang terdiri PMDN Rp1,19 triliun dan PMA sebesar Rp70,34 miliar.

“Sedangkan dari 14 daerah di Kalbar untuk nilai realisasi investasi terendah itu masih di Kabupaten Kayong Utara dengan nilai sebesar Rp0,05 miliar yang keseluruhannya dari PMA,” kata dia.

Secara umum dikatakan Syawal realisasi investasi yang masuk di Kalbar berdasarkan izin prinsip masih diminati di sektor perkebunan, industri makanan, listrik, gas dan air.

“Untuk PMA sendiri, investor yang masuk itu di antaranya dari Tiongkok, Singapura, Hongkong, Singapura, Malaysia dan Britsh Virgin Island,” jelasnya.

Sementara kata dia, dari total investasi yang masuk telah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 5.779 orang yang terdiri PMDN sebanyak 3.684 orang dan dari PMA sebanyak 2.095 orang.

“Investasi yang masuk sangat strategis mengukur tingkat kemajuan terhadap ekonomi termasuk di dalamnya penyerapan tenaga kerja. Untuk itu kami terus melakukan peningkatan pelayanan dan pengawasan terhadap perusahaan yang masuk di Kalbar untuk melaksanakan hak dan kewajiban sebagaimana ketentuan yang sudah ada,” kata dia.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *