KKP Bantu Pengawasan Penangkapan Illegal Fishing di Seruyan

image

Illegal Fisihing kapal asing di Kalteng.(Ist)

SERUYAN – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) akan membantu pengawasan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di wilayah perairan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

“Salah satu bantuan untuk pengawasan ‘illegal fishing’ dari KKP adalah dengan memberikan satu unit kapal khusus pengawasan untuk Seruyan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Seruyan Priyo Widagdo di Kuala Pembuang, seperti dikutip dari Antara, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan tersebut diberikan KKP untuk mendukung pemberantasan “illegal fishing” dan kegiatan yang merusak sumber daya kelautan dan perikanan di perairan Seruyan.

Selain itu, bantuan kapal juga diberikan untuk meningkatkan kinerja DKP dalam pengawasan untuk melindungi sumber daya kelautan dan perikanan dari perusakan dan kegiatan ilegal lainnya, sehingga pengelolaan sumber daya perairan dan perikanan yang lestari serta berkelanjutan dapat diwujudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Seruyan.

“Rencananya bantuan kapal pengawasan itu akan dimasukkan dalam anggaran pusat 2017 mendatang,” katanya.

Ia menyebutkan, aktivitas menangkap ikan dengan cara-cara melanggar hukum di “Bumi Gawi Hatantiring” sangat sulit terpantau, ini terjadi karena masih terbatasnya sarana prasarana serta personel untuk melakukan pengawasan secara rutin.

Saat ini DKP belum memiliki kapal khusus pengawasan, dan untuk melakukan pengawasan serta penindakan kejahatan bidang kelautan dan perikanan, DKP baru memiliki satu orang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang baru selesai pendidikan dan satu orang Polisi Khusus Kelautan.

“Akhirnya pemantauan atau pengawasan serta penindakan terhadap sejumlah pelaku ‘illegal fishing’ masih lemah,” katanya.

Ia menambahkan, kebanyakan pelaku” illegal fishing” menggunakan peralatan yang dapat merusak kelangsungan berbagai jenis spesies ikan di wilayah perairan Seruyan, seperti dengan menggunakan alat setrum dan juga racun.

“Mudah-mudahan bantuan kapal pengawasan di perairan Seruyan bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat, karena Seruyan memang sudah lama membutuhkan bantuan tersebut,” katanya.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *