Klab Jazz Hadir di Ruang Baca Perpustakaan 

photo-4

BALIKPAPAN – Memecah stigma bahwa musik jazz hanya dikenal sebagai musik kalangan “atas”, Ruang Baca Perpustakaan (RBP) bersama beberapa musisi jazz di kota Balikpapan berinisiatif untuk membangun ruang diskusi untuk para penikmat dan pecinta musik jazz, melalui kegiatan Klab Jazz.

“Salah satu dari upaya kami untuk lebih memasyarakatkan musik jazz sebagai aliran musik yang nikmat untuk diperdengarkan adalah dengan menggelar kegiatan seperti ini. Kita bisa berbagi pengetahuan tentang aliran musik jazz tentunya, dalam suasana tenang dan sederhana di teras warung Spaghetti Tuna, Lamin Pohon,” ujar Denny Muriyanto, Rabu (22/10).

Denny memaparkan forum diskusi terbuka yang dikemas dalam Klab Jazz dilangsungkan perdana pada Selasa (21/10) lalu merupakan langkah awal dari para pemusik jazz dan siapapun yang berminat mempelajari musik jazz.

Sebelumnya, Denny dkk juga kerap melakukan kegiatan serupa pada event sekolah dan ruang publik lainnya di Kota Balikpapan.

“Klab Jazz merupakan bagian dari kegiatan Klab Literasi yang digelar di Lamin Pohon, harapannya ketika berkumpul, nge-jamz dan mempresentasikan musik ini, minimal para peserta yang “nongkrongin” kita bermain mendapat sesuatu untuk dibawa pulang,” tegas Denny.

Hal tersebut dibenarkan oleh Listy Budinugraheni, pemilik Lamin Pohon yang berlokasi di JL. PU 3 No 38, komplek V&W (Samping RS. Pertamina Balikpapan). Klab Literasi dikreasikan untuk menggelar kegiatan yang berkaitan dengan buku dan bidang keilmuan ataupun ketrampilan, di RBP.

“Klab Literasi menjadi sarana untuk membuka mata dan telinga bagi kreator muda di Balikpapan, membaca bisa dimaknai secara luas tidak melulu bergelut dalam tulisan, termasuk kegiatan bermusik, ” terang Listy.

Ia menambahkan, sejauh ini RBP menggelar 10 jenis kegiatan yang terangkum dalam Klab Literasi, dua diantaranya adalah Klab Jazz dan Klab Bahasa Perancis yang baru dibuka pada bulan Oktober tahun ini. Disini ada Klab Lingkungan, Klab  Kesehatan, Klab Aquascape, Klab Psikologi, Klab Menulis, Klab Menggambar, Klab Hobi, dan Klab Bahasa Spanyol.

“Jadwal kegiatan biasanya kami informasikan pada setiap pengunjung Lamin Pohon, atau follow twitter kami @LaminPohon untuk tanya jawab seputar kegiatan Klab Literasi,”pungkas Listy.  
Dalam kesempatan yang sama, Ali yang menjadi volunteer sebagai pengajar Klab Bahasa Perancis juga mengaku senang dapat kembali mengaktualisasikan diri dengan berbagi di Klab Bahasa Perancis.
“Disela kesibukan saya, ada kegiatan yang membuat saya bisa terus mengasah keterampilan berbahasa prancis saya, berbagi ilmu  dengan teman-teman disini,” tambah Ali.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *