Kondisi Pendidikan Anak Usia Dini di Kepulauan Karimata Memprihatinkan

Ilustrasi

KAYONG UTARA – Kondisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, memprihatinkan, sebab PAUD yang dibangun oleh pemerintah daerah tersebut sampai saat ini tidak difungsikan.

“Tidak difungsikan saat ini karena tidak adanya tenaga pengajar yang ingin mengajar di daerah terluar tersebut,” ujar Kepala Bidang Pengembangan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara Rahma Idrus saat dihubungi di Sukadana, Senin, seperti dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, kondisi minim tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi guru S-1 PAUD juga menjadi permasalahan.

“Kami mau mengirim tenaga honorer ke sana tidak mungkin karena tidak sesuai dengan anggarannya,” kata dia lagi.

Menurutnya, juga keengganan ingin menjadi tenaga pendidik di sana dikarenakan honor yang kecil.

“Jadi, standar Dinas Pendidikan untuk stimulan tenaga honor PAUD itu hanya Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Mereka di sana lebih memilih menjadi perangkat desa karena honornya lebih besar yakni sekitar Rp700 ribu,” kata dia.

Permasalahan yang ada tentu menjadi perhatian pihaknya dan akan dicarikan solusi yang tepat agar bangunan yang ada bisa dimanfaatkan.

“Terpenting lagi dengan PAUD berfungsi, maka anak-anak bisa mengenyam pendidikan dini, sehingga SDM yang ada akan lebih baik,” ujar dia pula.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *