KPK Tetapkan Ketua DPRD sebagai Tersangka OTT di Banjarmasin

Iwan Rusli menggenakan jaket.(Sindonews)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan empat orang sebagai tersangka suap persetujuan rancangan peraturan daerah (raperda) penyertaan modal di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dilansir dari Sindonews, keempat orang itu adalah Iwan Rusmali (IRS) selaku Ketua DPRD Kota Banjarmasin, AE Wakil Ketua DPRD Banjarmasin yang sekaligus Ketua Pansus Ranperda, M selaku Direktur Utama PDAM Bandarmasih dan E Manajer Keuangan PDAM.

Sementara dua orang lain yang turut terjaring operasi tangkap tangan (OTT), yakni AR dan HE, keduanya anggota DPRD masih diperiksa sebagai saksi.

Menurut keterangan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, dalam OTT itu KPK mengamankan uang tunai Rp48 juta dan dua slip BCA yang berisi setoran uang ke sejumlah pihak.

Dalam pemeriksaan, terungkap uang suap itu untuk memuluskan ranperda penyertaan modal senilai Rp50,5 miliar di PDAM.

“Uang tunai Rp48 juta diduga sisa suap Rp150 juta yang dibagi-bagikan ke anggota DPRD,” ujar Marwata di Gedung KPK, Jumat (15/9/2917).

Dalam pemeriksaan juga diketahui, uang suap berasal dari pihak ketiga, yakni PT CSP. Uang yang awalnya sebesar Rp150 juta, diberikan PT CSP atas permintaan tersangka M.

Melalui tangan tersangka E, uang diberikan kepada tersangka AE dan tersangka IRS yang berasal dari unsur legislatif. Marwata mengatakan, penyidik KPK masih terus melakukan pengembangan. Hal itu untuk memastikan ada tidaknya pihak lain yang terlibat.

“Kita masih terus melakukan pengembangan. Untuk empat tersangka akan dijerat sesuai perannya sebagai pemberi dan penerima suap,” terangnya.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *