KPU: Lima Calon Bakal Maju Pada Pilwako Pontianak

Ilustrasi

PONTIANAK – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Sujadi memperkirakan sebanyak lima bakal calon akan maju pada pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Pontianak tahun 2018 mendatang.

“Hal itu, kami lihat dari sekitar lima bakal calon yang sudah meminta penjelasan seputar syarat pencalonan untuk maju pada Pilwako Pontianak 2018 mendatang,” kata Sujadi di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, kelima bakal calon itu, ada dari perseorangan maupun dari partai politik.

Ia mengatakan, tahapan Pilwako Pontianak, baru akan dimulai 27 Juni 2018 yang bertujuan untuk memilih wali kota dan wakil wali Kota Pontianak periode 2018-2023.

“Untuk persyaratan pencalonan, saya hanya mau mengingatkan kepada para calon dari jalur perseorangan, bukan hanya sekedar mengumpulkan E-KTP saja. Namun mereka juga harus mengumpulkan pernyataan pendukung,” ujarnya.

“Sehingga tidak hanya sekedar pengumpulan E-KTP, tetapi harus ada surat pernyataan pendukung dari masyarakat yang menyerahkan E-KTP ke calon dari perorangan itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, yang paling penting dalam syarat perseorangan, yakni adanya surat pernyataan pendukung yang ditandatangani oleh pemilik E-KTP bersangkutan. Sedangkan foto copy itu hanya sebagai lampiran dukungan saja.

Tidak hanya itu, bagi calon perseorangan yang sudah mendaftarkan diri ke KPU akan dilakukan verifikasi, agar dapat maju pada Pilwako Pontianak, katanya.

“Untuk melakukan verifikasi itu, petugas kami akan langsung turun ke lapangan. Jadi melalui surat dukungan itu, masyarakat yang memberikan dukungan kami kumpulkan di tiap RT atau di kelurahan masing-masing untuk mengetahui kebenaran dukungan tersebut,” ujarnya.

Ketua KPU Pontianak menambahkan, untuk melakukan tahapan Pilwako Pontianak, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi dari KPU RI.

“Karena, inikan merupakan Pilkada serentak, sehingga yang menentukan adalah KPU RI,” kata Sujadi.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *