Lamandau Kekurangan Guru di Semua Jenjang Pendidikan

Ilustrasi

LAMANDAU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, menegaskan dunia pendidikan di daerah berjuluk Bumi Bahaum Bakuba tersebut masih kekurangan guru pada semua jenjang pendidikan.

“Selain itu, yang masih menjadi kendala adalah penyebaran (penempatan) tenaga pengajar yang belum terlalu merata dan keadaan ini secara perlahan-lahan terus diatasi. Dinas terus berupaya agar ke depannya—dalam waktu dekat bisa merata,” jelas Kepala Dinas Dikbud Lamandau, Dr Meigo A Basel MSi.

Meigo juga menepis anggapan yang berkembang bahwa guru yang bertugas di pedesaan dianggap sebagai guru buangan. Penempatan sejak awal dilakukan berdasarkan keputusan, namun dalam perkembangannya bisa saja si guru meminta pindah, namun banyak juga guru yang betah bertugas di desa.

Begitu juga dengan penempatan yang lebih banyak di daerah perkotaan bukan karena ada “anak emas” ataupun “anak tiri”. Namun, urainya, semua keadaan tersebut tidak akan lama lagi berubah, soalnya dinas sudah berencana melakukan evaluasi.

Dengan evaluasi tersebut, tuturnya, diharapkan guru akan tersebar merata dan penyebaran tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan sekolah. “Semua guru yang sudah berstatus sebagai pegawai negeri harus siap, apalagi sejak awal jadi guru sudah membuat surat pernyataan siap ditempatkan dimana saja,” tuturnya.

Pemetaan dan evaluasi, sebutnya, akan menghasilkan penempatan yang pas. “Proses evaluasi dilakukan oleh tim sehingga hasilnya benar-benar dapat pertanggungjawabkan ke pimpinan (Bupati, Red) sebagai Pembina kepegawaian,” urainya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Cornelis Nyangahatn

Gubernur Cornelis Nyangahatn

Resmikan Kapal Bi’lao 02 KUBU RAYA – Asa’ Dua’ Talu’ Ampat’ Lima’ Anam, Tujuh, Awa Pama, Jubata, Iatn agi’ kami minta’ tolokng minta’ banto’...
Pemprov Kalbar Ekspor Ikan ke Guangzhou

Pemprov Kalbar Ekspor Ikan ke Guangzhou

Cornelis : Semoga Nelayan Kita Bisa Untung PONTIANAK – Gubernur Kalbar Cornelis memastikan, dengan adanya investasi Tiongkok untuk ekspor Ikan dari Kalimantan Barat tersebut,...
Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *