Masalah Kesehatan Menjadi Sorotan di Landak

Bupati Landak Karolin Margret Natasa, dalam Rapat Paripurna dengan sejumlah anngota DPRD Kabupaten Landak, Senin (13/11).(Team BK.com)

LANDAK – Penertiban terhadap orang terkena gangguan jiwa menjadi sorotan penting oleh sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten landak.

Bupati Landak Karolin mengatakan pihaknya telah mengatasi hal tersebut. “Masalah orang yang mengalami gangguan kejiwaan ini juga dialami oleh daerah lain di Indonesia,” ujar Karolin, dalam Rapat Paripurna dengan sejumlah anngota DPRD Kabupaten Landak, Senin (13/11).

Terkait pembuatan BPJS Kesehatan, kata Karolin, Pemda menemukan kendala dengan identitas mereka. “Mana ada orang yang terganggu kejiwaannya membawa KTP dan KK. Khususnya yang datang dari luar daerah, kalau yang merupakan warga sekitar harus menghubungi pihak keluarga,” imbuh Karolin.

Terkait masalah kesehatan, Bupati kelahiran Mempawah 35 tahun silam itu mengatakan, untuk memenuhi standar pelayanan kessehatan di Kabupaten Landak, tahun 2018 akan diadakan perekrutan tenaga kesehatan.

Mengenai penanganan serius korban DBD, Karolin juga menjelaskan telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Saat ini yang menjadi kendala adalah dilakukan penyelidikan Epidemologi (PE).

Karolin merngakui belum memiliki tenaga ahli pada bidang Epidemologi tersebut. solusinya akan dilakuakan perekrutan bagi bidang Epidemologi.

“Tahun depan juga akan dibuka perekrutan PTT Daerah khusus epidemologi. Sehingga standar pelayanan kesehatan di Kabupaten Landak dapat terus meningkat khusus penanganan DBD. Saya juga sudah menandatangani SK untuk KLB sesuai Peraturan Menteri Kesehatan. Dalam menangani kasus DBD di Kabupaten Landak, selain lingkungan rumah tempat kita tinggal, sekolah juga harus dicek kebersihannya. Seperti yang kita ketahui, Nyamuk Aedes Aegypti itu menggigit di waktu pagi dan siang hari dimana anak-anak kita sedang beraktivitasi di sekolahan. Oleh karena itu saya telah menyurati Kepala Dinas Pendidikan untuk membuat surat edaran melaksanakan gotong royong membersihkan halaman sekolah dan sekitarnya,” pungkas Karolin. (Uyub)

 

 

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *