Megawati Resmikan Patung Bung Karno di Blitar

051926600_1496724237-20170606-_patung_Bung_Karno

Patung Putra Sang Fajar 'Bung Karno' diresmikan anaknya, Presiden ke 5 yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.(Ist)

BLITAR – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur. Kegiatan ini menjadi acara penutup perayaan Hari Lahir (Harlah) Presiden Pertama RI Sukarno, yang telah berlangsung sejak Senin, 5 Juni 2017.

Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (6/6/2017), saat Presiden Kelima RI itu tiba di lokasi peresmian patung, di Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar, masyarakat sekitar langsung menyambut dengan lambaian tangan dan memanggil-manggil namanya.

 

 

Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar lantas menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Blitar atas kedatangan Megawati.

“Peresmian ini sangat tepat karena ini hari lahirnya Bung Karno dan juga bulan yang penuh rahmat. Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Presiden Kelima Ibu Megawati Soekarnoputri,” tutur Samanhudi di lokasi.

Samanhudi menjelaskan, patung tersebut memiliki tinggi 9 meter dan ketebalan 1 sentimeter. Patung berbobot 5 ton itu dibuat seniman asal Yogyakarta.

“Tempat ini pintu masuk Kota Blitar. Karena ini di timur, kami namakan Putra Sang Fajar,” kata dia.

Dia menyebut, patung itu merupakan yang kelima didirikan di Kota Blitar. Yang pertama ada di Makam Bung Karno, kedua di Kantor Pemerintahan Kota Blitar, ketiga di Istana Gebang, dan keempat berada di perempatan Jalan Sumatera.

“Ini bentuk terima kasih warga Blitar kepada Bung Karno. Seluruh PNS saya juga tiap hari menggunakan pin ini, pin Bung Karno ini,” ujar Samanhudi.

Megawati pun mendapat kesempatan menandatangani prasasti patung Bung Karno. Dia juga meresmikan patung tersebut dengan menggunting pita diiringi suara sirine dan pembukaan kain penutup patung.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *