Mendagri Harapkan Partisipasi Pilkada 2018 Lampaui 77 Persen

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.(Ist)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dapat melampaui 77,1 persen. Sebab, pilkada serentak tahun depan merupakan cerminan dari Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019.

Menurut Tjahjo, 17 provinsi bakal menggelar Pilkada Serentak 2018. Pemilih dari 17 provinsi itu telah mencerminkan 68,3 persen pemilih di seluruh Indonesia.

“Pemerintah yakin pilkada tahun depan akan sukses. KPU sudah mentargetkan partisipasi masyarakat sebesar 77,1 persen. Kami harap partisipasi itu bisa naik,” ujar Tjahjo saat memberi pengarahan dalam acara penganugerahan pemimpin paerah inspiratif di Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

Tjahjo menjelaskan, Pilkada 2018 adalah proses pemilihan kepala daerah tahap ketiga. Dia menyebut pelaksanaan pilkada tahap pertama pada 2015 yang melibatkan 268 daerah berjalan sukses.

Setelah itu, pilkada tahap kedua di 101 daerah pada 2017 pun terbilang cukup sukses. Hanya saja, Tjahjo mengatakan, pelaksanaan pilkada tahun lalu menyisakan persoalan gesekan SARA di Pilkada DKI Jakarta.

Namun, dia menambahkan, itu bagian dari dinamika di DKI Jakarta. “Ke depannya, kami harap yang terjadi adalah adu visi dan misi. Mari kita hapus kebiasaan melontarkan ujaran kebencian dalam Pilkada,” ujar Tjahjo dilansir dari republika,

Pilkada Serentak 2018 diikuti oleh 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Pemungutan suara Pilkada dilakukan pada 27 Juni tahun depan.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017....
Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

SANGGAU – Sejak beberapa pekan terakhir, elpiji tiga kilogram di Kabupaten Sanggau warga mengeluh kesulitan mencari sehingga berdampak terhadap naiknya harga elpiji subsidi tersebut....
Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

SINGKAWANG – Warga Kota Singkawang mempertanyakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Singkawang tahun 2018 hingga saat ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *