Menjual Produk Kerajinannya, Dekranasda Kalbar Sasar Pasar Dalam dan Luar Negeri

Foto bersama, Dekranas dan Dekranasda Kalbar, di Jakarta (26/9).(Team BK.com)

JAKARTA – Terkait program-program Dekranasda provinsi Kalbar yang sudah dan akan dilaksanakan tahun 2016 sampai dengan desember 2017,  dijelaskan Ketua Dekranasda Kalbar Frederika Cornelis, diantaranya mempromosikan pemasaran aneka produk unggulan kerajinan Kalbar melalui outlet griya kerajinan Kalbar di Pontianak dan gedung Smesco Jakarta, mengikuti pameran baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Dekranasda kabupaten/kota di Kalbar telah membuat outlet griya kerajinan sebagai tempat promosi dan pemasaran produk lokal, partisipasi pameran dalam daerah, luar daerah dan luar negeri sebanyak 10 event.

Bimbingan dan penyelarasan sentral kerajinan ke 10 kabupaten, pengembangan desain motif khas Kalbar, Pelatihan teknis pengembangan desain kerajinan berbasis tenun khas Kalbar, Pengembangan dan percetakan desain batik motif khas kalbar.” ujarnya.

Selain itu diusulkan, pengembangan sentral kerajinan anyaman bambu, rotan dan kerajinan kulit kayu di daerah perbatasan kabupaten Bengkayang, Pelatihan teknis pengembangan desain aneka kerajinan berbasis serat alam.

Angkat Kerajinan Tenun

Tahun 2017 ini, Dekranas berkomitmen untuk mengangkat tenun indonesia dalam berbagai programnya. Para pengerajin tenun yang kerajinannya sudah termasuk langka atau kurang di minati karena berbagai hal seperti regenerasi yang mandek, kurang promosi maupun kurang pelatihan di berbagai wilayah di nusantara yang dangat membutuhkan pendampingan maupun sentuhan promosi dari Dekranas akan diberi perhatian lebih dan dibina.

Dekranas secara konsisten berusaha membina hubungan yang baik dengan masyarakat dan perajin sebagai mitra Dekranas dalam mempromosikan Kriya Nusantara.

Dekranas berharap kepada masyarakat Indonesia tetap cinta tenun nusantara, perhiasan nusantara, dan dan terus secara konsisten menggunakan produk kerajinan Indonesia yang nantinya berefek domino bagi kesejahteraan perajin Indonesia.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *