Menko PMK: Prioritas Pemerintah Memajukan Kawasan Perbatasan

Menko PMK Puan Maharani.(Ist)

MERAUKE – Masih dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Merauke, Papua dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda dan Ekspedisi NKRI, Menko PMK Puan Maharani menyempatkan berkunjung ke Distrik Sota, Kabupaten Merauke, yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Puan Maharani menegaskan pemerintah yakin kawasan perbatasan akan bangkit menjadi beranda terdepan Indonesia yang berkemajuan.

Distrik Sota, Kabupaten Merauke memiliki arti penting sebagai beranda terdepan Indonesia. Untuk itu, pemerintah akan segera memasukkan pos lintas batas negara (PLBN) di Distrik Sota Kabupaten Merauke sebagai prioritas pada tahun 2018.

“Menjadi prioritas pemerintahan saat ini bahwa kita akan mulai masuk dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Setiap daerah perbatasan itu kita selalu upayakan agar dibangun sekolah, Puskesmas dan pos lintas batas negara (PLBN),” jelas Menko PMK usai menyerahkan bantuan di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Sabtu (28/10/2017).

Dia menuturkan, pembangunan PLBN yang akan diselesaikan paling lambat pada tahun 2020 ini sedang diupayakan untuk dipercepat penyelesaiannya menjadi tahun 2019. Pemerintah juga terus berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi daerah-daerah perbatasan ini sebagai upaya mengurangi kesenjangan antar wilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perbatasan.

Menko PMK membagikan sejumlah bantuan berupa sembilan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, 24 paket PMT untuk balita, dan 150 Paket PMT untuk Anak Sekolah. Selain itu, Puan juga menyerahkan bantuan berupa 10 buah Toren Air, 50 nuah jerigen, 1 buah penjernih air dan tenda posko, 75 paket Makanan Siap Saji, 10 buah Hidran Air, 10 unit RUTILAHU, Alat Permainan Edukatif, Bantuan Kearifan Lokal sebesar Rp50 Juta yang akan digunakan untuk pembelian peralatan musik serta Program Keserasian Sosial sebesar Rp109 juta yang akan digunakan untuk pembangunan balai musyawarah adat, penyuluhan hidup toleransi, dan revolusi mental.

Politkus PDIP ini juga memberikan sejumlah bantuan kepada siswa-siswi SD YPK Sota. Bantuan berupa 218 paket peralatan sekolah itu diberikan langsung oleh Menko PMK secara simbolis kepada sebanyak 10 perwakilan siswa-siswi di SD YPK Sota.

Sebanyak dua paket peralatan olahraga juga tak luput diberikan langsung oleh Menko PMK kepada Kepala Sekolah SD YPK Sota untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu, Puan juga membagikan bantuan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Anak Sekolah sebanyak 153 paket kepada SD YPK Sota dan 65 paket kepada MI Al Maarif Sota.

Pada kunjungannya ini, Puan juga menyempatkan diri untuk melakukan foto bersama dan bercengkarama dengan seluruh siswa siswi yang hadir. Di akhir sambutannya, Menko PMK mengingatkan kembali bahwa masyarakat yang tinggal di Sota adalah warga Indonesia yang merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Anak-anak dan semua yang tinggal di sini adalah orang perbatasan. Tapi janganlah sekalipun pernah lupa bahwa kita ini tetap Indonesia,” ucap Puan.

Usai memberikan bantuan di SD YPK Sota, Menko PMK dan rombongan bergerak menuju lokasi pembangunan Puskesmas Sota. Menko PMK meninjau pembangunan Puskesmas yang direncanakan akan selesai pada akhir tahun ini. Menko PMK juga memastikan penyelesaian pembangunan Puskesmas di Sota ini dapat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Turut mendampingi Menko PMK, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise, Kepala BNPB, Kepala BKKBN, Anggota DPR RI Alfia Reziani, Bupati Merauke dan Wakapolda Merauke.(Sindonews)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *