Nelayan Paser Dapat Alokasi Dak Rp1,4 miliar

Nelayan sedang memperbaiki jala.(OK/BK.com)

TANAH PASER – Nelayan di Kabupaten Paser mendapatkan bantuan Rp1,4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 untuk budi daya nelayan di daerah itu.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana, di Tanah Grogot, Kamis kemarin, menyatakan bantuan tersebut berupa pengadaan perahu dan alat tangkap.

“Saat ini, kami masih melakukan verifikasi para nelayan yang akan menerima bantuan tersebut,” kata Ina Rosana pula.

Dilansir dari Antara, Nelayan yang akan mendapatkan bantuan itu, kata Ina, harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, di antaranya memiliki kartu nelayan dan yang sudah terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Di Kabupaten Paser saat ini terdapat sekitar 4.000 nelayan dan 3.000 pembudidaya.

“Nelayan yang telah memenuhi syarat berhak mendapatakan bantuan untuk dapat meningkatkan produksi dalam mencari ikan dan melakukan budi daya,” ujar Ina lagi.

Selain bantuan tersebut, Pemkab Paser juga mendapatkan bantuan lima unit kapal berbobot 5 gross ton (GT) dan dua unit kapal berbobot 10 GT untuk dua koperasi nelayan beserta alat tangkapnya.

Dua koperasi nelayan yang mendapatkan bantuan itu, yakni koperasi nelayan di Desa Pasir Mayang dan Desa Muara Pasir.

Sedangkan untuk alat tangkap, kata Ina lagi, telah diberikan kepada dua koperasi nelayan tersebut, dan bantuan unit kapal direncanakan akan diberikan pada tahun ini.

“Alat tangkap sudah diberikan kepada koperasi, tinggal menunggu bantuan kapal,” ujarnya pula.

Keharusan nelayan masuk dalam anggota koperasi, menurut Ina, bertujuan membiasakan mereka dalam beroganisasi dan meningkatkan kemampuan dalam berwirausaha.

“Alasan bantuan itu diberikan melalui koperasi nelayan agar mereka biasa berorganisasi dan mengatur bantuannya bersama-sama,” ujar Ina Rosana.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *