Pakar Otda Apresiasi Lelang Jabatan yang Dilakukan Bupati Karolin

Bupati Landak Karolin Margret Natasa usai pelantikan eselon satu dan dua di Pemkab Landak belum lama ini.(Team BK.com)

LANDAK – Proses lelang jabatan untuk mengisi beberapa pos strategis di pemerintahan Kabupaten Landak yang tengah digelar saat ini mendapat apresiasi dari pakar otonomi daerah dan reformasi birokrasi Robert Endi Jaweng.

Endi menilai langkah lelang jabatan ini selain menjadi amanat peraturan pemerintah, tapi ini bisa menjadi pintu masuk mencari birokrat yang mumpuni. Karena langkah menata sistem rekrutmen , menjadi langkah awal menata kinerja birokrat.

“Sangat mendukung, ini bisa jadi pintu masuk mencari bibit2 unggul untuk reformasi menyeluruh di pemerintahan Kabupaten Landak,” ujar Robert Endi Jaweng, Kamis (26/10).

Direktur Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) ini berharap lelang jabatan ini juga didukung oleh sistem kerja yang baru, termasuk remunerasi dan insentif berbasis kinerja. Hal ini bisa mendorong para birokrat bisa keluar dari zona nyaman dan berkompetisi dengan kinerja serta pelayanan publik yang semakin baik. Disinilah peran kepala daerah menjadi penting untuk membuat sistem dan contoh yang baik.

“Reformasi Birokrasi dapat terlaksana dalam kepemimpinan politik yang kuat. Kalau tidak, maka tidak akan dapat bertahan lama,” tekan Endi.

Untuk mendapatkan para aparatur sipil negara yang berkualitas dan bermental melayani, pemerintah kabupaten Landak melakukan lelang jabatan.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa yakin lelang jabatan kali ini akan diikuti lebih banyak peserta sehingga akan terpilih oramg – orang terbaik untuk menempati jabatan – jabatan strategis dalam pelayanan publik. “Yang berbeda, saya mewajibkan seluruh pegawai yang memenuhi syarat untuk mendaftar agar kita bisa memetakan kualitas SDM aparatur di Kabupaten Landak,” tutur Karolin.

Adapun jabatan yang dilelang antara lain 8 jabatan eselon 2B, yang terdiri dari 4 Kepala Dinas, 1 Kepala Lembaga dan 3 Staf Ahli Bupati. Sementara itu ada 1 jabatan eselon 2A yakni Sekertaris Daerah (Sekda) yang juga turut dilelang.

 

 

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *