Pasukan Gabungan Tewaskan Pendiri Kantor Berita ISIS

Rayan-Meshaal

ISIS/Ilustrasi.

SURIAH – Serangan udara pasukan gabungan pimpinan Amerika Serikat telah menewaskan pendiri media propaganda kelompok ISIS, Amaq, di Provinsi Deir al-Zor, Suriah. Hal ini diakui langsung oleh saudara korban dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Facebook pribadinya pada Rabu.

Reuters tidak dapat memastikan secara mandiri apakah yang bersangkutan benar telah tewas terbunuh oleh serangan tersebut. Tidak ada tanggapan langsung dari pihak pasukan gabungan pimpinan AS dalam melawan kelompok ISIS.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa serangan udara telah membunuh Rayan Meshaal dan putrinya di rumah mereka di kota al Mayadin. Pegiat oposisi Suriah telah berbagi kabar tentang kematian Meshaal di media sosial.

“Saya dengan senang hati mengumumkan kemartiran kakak laki-laki saya Baraa Kadek, yang dikenal sebagai Rayan Meshaal. Ia tewas akibat sebuah serangan udara oleh pasukan gabungan,” menurut pernyataan Facebook yang dilaporkan oleh saudaranya.

Kelompok ISIS sering mengaku bertanggung jawab atas serangan di seluruh dunia melalui saluran Amaq di media sosial. Amaq juga yang merilis bahwa ISIS bertanggungjawab terhadap bom di Kampung Melayu, Jakarta.

Rita Katz, direktur kelompok pemantau SITE yang bermarkas di AS, mengatakan melalui akun Twitter pribadinya yang menyatakan bahwa sebuah serangan oleh pasukan gabungan diduga telah membunuh Meshaal di Deir al-Zor.

Katz menambahkan bahwa Amaq telah menunjukkan “jati dirinya sebagai media kantor berita ISIS” sejak didirikan pada 2014 dan telah mengeluarkan klaim untuk sedikitnya dua puluhan serangan di seluruh dunia. (OK/Tagar)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *