Pelindo Banjarmasin Siapkan 17 Kapal Mudik Lebaran

image

ilustrasi

BANJARMASIN – PT Pelindo III Banjarmasin bersama perusahaan pelayaran menyiapkan 17 kapal untuk angkutan arus mudik Lebaran 1437 Hijriah dari Banjarmasin tujuan Surabaya dan Semarang.

GM Manajer PT Pelindo III Banjarmasin Hengky Jajang Herasmana di Banjarmasin, Selasa, mengatakan aktivitas arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin kini mulai meningkat tajam.

Menurut Hengky, hingga H-9 Lebaran jumlah penumpang kapal laut telah mencapai 4.700 orang penumpang.

Mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, terutama dari Kalimantan Tengah, PT Pelindo III Banjarmasin menyiapkan 17 kapal, satu di antaranya adalah kapal perang, yang akan mulai dioperasikan pada H-5 Lebaran.

“Lonjakan penumpang kapal, kami prediksi mulai terjadi pada H-5 hingga H-1. Kalau memang diperlukan, kapal perang akan kita operasikan mulai saat itu,” katanya dilansir dari Antara.

Diprediksi, tambah dia, jumlah penumpang kapal laut kembali membludak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya karena sebagian besar penumpang asal Kalimantan Tengah, memilih mudik melalui pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Sepertinya akan tetap terjadi lonjakan penumpang, tapi tidak sepadat tahun lalu. Tahun sebelumnya pada H-9, jumlah penumpang telah mencapai di atas 5 ribu orang, sekarang baru 4.700 orang,” katanya.

Memastikan kondisi kapal, Hengky langsung memantau keberadaan penumpang di dalam kapal, dan juga menanyakan langsung kondisi kesehatan penumpang.

Hengky juga mengecek perlengkapan alat keselamatan kapal, juga fasilitas kapal, yang kini relatif jauh lebih baik.

Beberapa penumpang kapal laut mengaku, saat ini pelayanan penumpang di Pelabuhan Trisakti cukup bagus, begitu juga dengan pengamanan terhadap barang bawaan penumpang, juga diawasi dengan cukup ketat.

Petugas sempat menyita beberapa barang berbahaya, seperti senjata tajam milik penumpang, dan beberapa barang bawaan lainnya, yang dianggap membahayakan.

Walau terjadi peningkatan jumlah penumpang, di dalam kapal Kumala yang berkapasitas 700 penumpang ini tidak terlihat penumpukan penumpang, baik di kelas ekonomi maupun VIP.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *