Pemkab Mahakam Ulu Tambah Fasilitas Wisata Batu Dinding

Objek wisata unggulan Batu Dinding di Kecamatan Long Bagun, Mahakam Hulu.(Ant)

SAMARINDA – Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, yang berbatasan dengan Serawak, Malaysia, akan menambah sejumlah fasilitas di objek wisata unggulan Batu Dinding di Kecamatan Long Bagun untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Di kawasan Batu Dinding itu cukup luas, jadi di sekelilingnya dan di atasnya sudah kami rancang untuk menambahan sejumlah fasilitas, di antaranya akan ada pembangunan gedung seni di kawasan itu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Mahulu Kristina Tening di Samarinda, Jumat.

Kristina di Samarinda dalam rangka mengikuti Sosialisasi Branding Pesona Indonesia yang digelar selama tiga hari pada 22-24 Maret 2017. Acara ini kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim.

Fasilitas pendukung lain yang akan dibangun di Batu Dinding yang mirip Tembok China itu adalah lapangan olahraga guna memancing keramaian di kawasan itu, termasuk beberapa fasilitas lain yang menyesuiakan dengan kontur batu kapur karena dinding batu yang memanjang tersebut merupakan batu kapur.

Sebenarnya, lanjut Kristina, objek wisata Batu Dinding tersebut sangat menarik untuk dikunjungi dan layak dijadikan wisata keluarga, namun karena belum ada jalan darat sehingga jumlah pengunjungnya tidak terlalu banyak.

“Hingga kini akses menuju Batu Dinding hanya bisa ditempuh menggunakan jalur sungai karena letaknya memang persis di pinggir Sungai Mahakam, sehingga tingkat kunjungannya tidak banyak karena selain mahal juga karena harus membutuhkan waktu tempuh lama sekitar 3 jam dari Tering, Kutai Barat,” katanya.

Untuk itu ia berharap kepada instansi terkait baik di Mahakam Ulu maupun di Pemprov Kaltim, bahkan hingga Kementerian PU, dapat membantu membangun akses jalan ke kawasan itu karena pembangunan kepariwisataan harus dilakukan lintas sektoral.

Panjang Batu Dinding di tepi Mahakam itu lebih dari 800 meter, sedangkan ketinggiannya bervariasi antara 100 meter hingga 120 meter.

“Sebenarnya banyak objek wisata di Mahakam Ulu yang kami unggulkan antara lain air terjun Jantur, Riam Panjang, lamin, goa, hutan anggrek, wisata budaya dan sejumlah wisata alam lainnya, tapi sayang akses darat ke Mahakam Ulu masih sulit,” ujar Kristina. (Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *