Pengrajin Kalbar Harus Optimis dan Fokus

Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Frederika Cornelis bersama ketua dekranasda se Kabupaten/Kota se Kalbar di Pameran Dekranas di JCC Jakarta.(Team BK.com)

JAKARTA – Ketua Dekranasda Kalbar Frederika Cornelis menghimbau supaya pengrajin di Kalbar fokus dalam menjalankan usahanya. Karena banyak permintaan pasar yang tidak mampu dipenuhi akibat pengrajin yang tidak memnuhi target yang dipesan.

“Saya minta jangan menjadi sampingan, karena banyak order tidak terpenuhi karena mereka ragu-ragu, apakah dikerjakan banyak-banyak ada yang membeli, padahal sudah dipesan, harusnya ready, ini yang masih menjadi kendala, supaya mereka yakin akan kerajinan yang dibuat bakal dibeli dengan jumlah besar,” ujar Frederika usai pembukaan Pameran Dekranas di JCC, yang di buka Presiden Jokowi, Rabu (27/9) di Jakarta.

Menurut Frederika pihaknya tengah mencari solusi dan terus melakukan komunikasi dan sosialisai supaya pengrajin yakin bahwa produk-produk kerajinan mereka banyak yang minati baik dalam dan luar negeri.

Dicontohkannya seperti kerajinan kayu khas Dayak dan kain tenun. “Dari Bali banyak pesan kerajinan kayu kami, padahal kita tahu ukiran kayu Bali kan sangat bagus, demikian pasar ekspor ke Sarawak, hanya ada kendala pada perizinan kayu yang digunakan masih belum jalan,” kata Istri Gubernur Kalbar Cornelis ini.

Selain itu pihaknya tetap membuka saluran pemasaran dalam dan luar negeri, baik dalam pameran berskala nasional dan internasional serta pemasaran online untuk produk kerajinan Kalbar.

“Seperti pesan Presiden telah kita lakukan, dan ini ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *